Health

Penting: Perhatikan Peredaran Jajanan Tidak Sehat Bagi Anak

By  | 

Mams, sepanjang awal bulan Oktober ini kita dikejutkan dengan kabar tentang penyebarluasan permen yang mengandung narkoba di kalangan sekolah anak – anak di wilayah Ciledung, Tangerang. Berasal dari sebuah laporan masyarakat kepada Puskesmas Ciledug bahwa anaknya telah tertidur selama 5 jam setelah mengonsumsi permen yang dikenal sebagai jenis “permen jari” pada hari kedua. Meskipun kejadian ini baru dilaporkan di daerah Tangerang dan belum ada laporan kejadian di tempat lain, tetapi tetap saja membuat kita sebagai orangtua khawatir, ya.

permen jariPada hari Selasa, 12 Oktober 2016, pihak Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) merilis sebuah siaran pers terkait dengan laporan tersebut, diantaranya:
1. Pihak BPOM saat ini tengah melakukan uji laboratorium terhadap sampel produk yang diduga mengandung zat adiktif, di mana jika dikonsumsi bisa berefek buruk terhadap kesehatan maupun tumbuh kembang anak. Hingga saat ini, belum ada hasil uji laboratorium yang diumumkan.
2. Perusahaan produsen utama produk permen jari adalah Chaozhou Chaoan Wangging Foods yang berasal dari China. Database importasi menunjukkan produk makanan ini telah diimpor melalui Jakarta dan Medan pada tahun 2016.
3. Produk pernah terdaftar sebagai Permen Jari Aneka Warna dengan nomor izin edar resmi. Izin tersebut diterbitkan pihak BPOM setelah dilakukan evaluasi terhadap aspek keamanan, mutu, dan gizi serta label. Setelah menerima laporan ini, pihak BPOM akan terus memantau isu dan akan mengambil langkah hukum jika terbukti melanggar peraturan perundang – undangan.

Apa saja kategori jajanan tidak sehat?
Produk makanan banyak mengandung zat adiktif (pengawet, pewarna non pangan, penyedap, dan pemanis buatan), serta terkontaminasi bakteri. 

Dampak konsumsi jajanan tidak sehat
Dapat membahayakan kesehatan anak – anak, mulai dari gangguan gizi, cacingan, atau anemia. Sedangkan jajanan yang terkontaminasi bakteri atau virus juga akan menyebabkan diare, muntah – muntah, hingga gejala keracunan.

Well, memang belum ada hasil positif uji kandungan narkoba pada permen tersebut, namun ada baiknya Anda melakukan beberapa langkah pencegahan agar Si Kecil dapat membatasi keinginan untuk jajan sembarangan, diantaranya adalah menjelaskan perbedaan kategori makanan sehat dan yang tidak, atau melibatkan mereka dalam aktivitas memasak dengan menu favorit yang menyenangkan (Baca: Trik Supaya Si Kecil Tidak jajan Sembarangan). (Nathalie Indry/KR/Photo: Istockphoto.com, Various)

Shares