Beauty & Style

Posisi Tidur Berdasarkan Trimester Kehamilan

By  | 
 Mencukupi kebutuhan tidur adalah hal penting selama kehamilan.  Jika Anda mengalami masalah susah tidur selama hamil, berikut, posisi tidur seperti apa yang sebaiknya dipilih selama kehamilan agar Anda tidur dengan nyenyak dan nyaman.

Trimester Pertama

Pada trimester pertama, posisi tidur yang baik tergolong cukup banyak pilihannya. Hal ini karena nyaris semua posisi tidur tidak akan menimbulkan masalah serius akibat kondisi perut ibu hamil yang memang masih kecil. Kendati demikian, ibu disarankan untuk memilih posisi tidur yang paling nyaman baginya. Di antara pilihan posisi tidur yang baik untuk ibu hamil trimester pertama ini (usia 1, 2, 3 bulan) antara lain posisi miring, tengkurap atau terlentang.

Trimester Kedua

Pada usia kehamilan trimester kedua, tidak semua posisi tidur dapat Anda gunakan.  Hal ini mengingat kondisi perut ibu hamil yang mulai membesar. Untuk itu, disarankan untuk menghindari posisi tidur tengkurap dan posisi tidur terlentang. Posisi tidur tengkurap akan membuat janin terhimpit oleh berat beban ibu hamil, meskipun sejatinya pada posisi ini janin tetap terlindung oleh cairan ketuban yang membuatnya tetap mengapung. Sedangkan posisi terlentang akan membuat ibu hamil menjadi lebih sering mengalami keluhan sakit pinggang, masalah pencernaan, wasir, hingga masalah pernapasan. Berbagai keluhan tersebut dapat terjadi karena pada posisi tidur terlentang seluruh beban bayi akan menekan organ-organ dalam tubuh, mulai dari rusuk tulang belakang, usus, vena cava inferior, hingga pembuluh darah di bagian tulang belakang. Dan perlu diketahui pula bahwa posisi tidur terlentang sangat tidak dianjurkan terutama bagi Anda yang mengalami masalah tekanan darah tinggi (hipertensi). Posisi tidur terlentang dapat memicu peningkatan tekanan darah ibu hamil dan memperparah kondisi hipertensi bagi para penderitanya terutama di usia kehamilan 6 sampai 9 bulan.

Trimester Ketiga

Di usia kehamilan trimester ketiga, disarankan untuk memilih posisi tidur miring, baik miring ke kiri maupun ke kanan. Posisi tidur ini sejatinya adalah posisi tidur yang baik untuk ibu hamil di semua usia kehamilan, hanya saja posisi tidur miring di usia kehamilan trimester ketiga lebih diprioritaskan karena dapat mencegah timbulnya berbagai masalah atau keluhan-keluhan kehamilan. Posisi tidur miring kiri selama kehamilan setelah diteliti ternyata juga bermanfaat bagi pertumbuhan janin.  Posisi tidur ini akan membuat aliran darah, oksigen, dan nutrisi dari tubuh Anda ke plasenta janin menjadi lebih maksimal akibat besarnya pembuluh darah vena besar yang tidak tertekan pada bagian punggung sebelah kanan. Selain itu, posisi ini juga membantu ginjal dalam ekresi sisa produk dan cairan tubuh ibu sehingga membantu terjadinya pembengkakan pada kaki, pegelangan kaki, atau tangan Anda selama hamil. (Yosi Avianti/Photo : Various)

Shares