Health

Berbahayakah Nonton Konser Musik Kala Hamil?

By  | 

Seorang teman Smart Mama tengah mengalami dilema. Pasalnya, ia telah membeli tiket pesawat, tiket konser sekaligus booking akomodasi demi menyaksikan konser Coldplay bulan Desember mendatang di Australia. Tak lama setelah itu ia dinyatakan hamil. Dan tentu saja keluarga besar memintanya untuk membatalkan keberangkatannya bersama sang suami. Benarkah nonton konser musik berbahaya untuk kehamilan akibat suaranya yang keras? Yuk simak ulasan para ahli berikut.

Menurut Heidi Murkoff, penulis buku What to Expect When You’re Expecting, sekaligus founder dari whattoexpect.com, nonton konser bersama pasangan dan teman justru dapat membuat Anda terhibur juga relaks. Momen tersebut harus Anda maksimalkan sebelun nantinya Anda dan pasangan sulit untuk bepergian atau hang out karena repot mengasuh Si Kecil.

IMG_7716

Mengenai masalah pendengaran, memang benar di usia sekitar 24 minggu, perkembangan telinga janin Anda kian pesat. Pada usia janin 27-30 minggu pendengarannya pun sudah sempurna sehingga mampu mendengar suara. Meski demikian, ternyata ia tidak mendengar suara sekeras yang Anda dengar. Pasalnya, janin dilindungi oleh cairan amnion sehingga seluruh tubuh termasuk pendengaran terlindungi dengan baik. Jadi meskipun mitos mengatakan mendengar musik atau suaras berdampak negatif pada janin, nyatanya secara medis tidak demikian, Mams.

Kesimpulannya, selama kehamilan Anda dinyatakan normal, tak perlu ragu untuk nonton konser dan bersenang-senang. Yang penting Anda menjaga stamina dengan konsumsi makanan sehat, mengenakan pakaian yang tepat dan hangat, serta konsumsi banyak air putih. Pilih tiket konser yang memiliki tempat duduk ya, Mams, bukan yang festival. Dancing boleh saja asal tidak berlebihan. Selebihnya, nikmati musik kesukaan Anda dan enjoy your pregnancy life! Nonton konser, apalagi di luar kota atau luar  negeri dapat menjadi sarana babymoon juga lho. (Karmenita Ridwan/Photo: Istockphoto.com)

Shares