Parenting

Menghilangkan Kebiasaan Buruk Anak Sebelum Tidur Malam

By  | 

Mams, apakah anak Anda termasuk yang harus melakukan aktivitas tertentu sebelum ia tidur di malam hari? Seperti misalnya menonton kartun dulu, menyanyi-nyanyi dulu, dan sebagainya yang kemudian membuatnya melewatkan jam tidurnya. Tentunya Anda akan jadi kesal melihat kelakuan Si Kecil ini. Anda akan melarangnya yang kemudian membuatnya merajuk lalu menangis. Otomatis karena menangis, ia malah jadi tidak mau tidur.

Penyebab Kebiasaan ini

Biasanya hal ini terjadi pada anak berusia 2 tahun, dimana saat ia menginginkan sesuatu, maka hal tersebut harus terpenuhi. Dan karena kemampuan mengelola emosinya masih rendah, maka orientasinya hanya kepada dirinya sendiri. Disinilah peran orangtua dan pengasuh untuk bisa membatasi keinginannya yang bisa berdampak buruk baginya.

Keinginan anak untuk melakukan kebiasaan yang disukainya sebelum tidur ini sebenarnya menandakan kalau ia masih membutuhkan teman untuk menemaninya tidur. Itu adalah momen yang wajar dialami oleh anak. Momen seperti ini merupakan masa transisi dari ketergantungan anak kepada orang tuanya untuk kemudian bisa mandiri. Sehingga kemudian ia mencari apa yang ada di sekitarnya untuk menenangkan dirinya. Hanya saja, seringkali ia jadi terlalu asik melakukan hal ini, sehingga kemudian membuatnya jadi tak kunjung mau tidur.

Cara Mengatasinya

Daripada Anda melarang dan memarahinya, lebih baik Anda menemaninya. Anda bisa menceritakan dongeng untuknya atau menyanyikan lagu pengantar tidur. Setelah itu, Anda bisa mengajaknya tidur. Cara ini akan membuat anak lebih tenang, aman dan nyaman, dan ia pun jadi lebih mudah tertidur tanpa terikat oleh kebiasaan-kebiasaan buruk sebelumnya. Lakukan hal ini dengan konsisten ya, Mamas. Lama-kelamaan, ia tak akan lagi melakukan kebiasaan-kebiasaan buruknya sebelum tidur. Dan lagi, bonding antara Anda dan Si Kecil pun semakin erat. (Tammy Febriani/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares