Mind

Smart Mama Story : Cara Sophie Navita Menjaga Kebahagiaan Diri

By  | 

Mams, Anda pasti setuju bahwa menjalani keseharian sebagai seorang istri sekaligus mama bagi anak – anak tidaklah mudah. At the end of one day, pernahkah Anda merasa  lelah, lalu stres karena kesibukan ini? Sophie Navita, mama dari Rangga (13 th) dan Radya (9 th), yang juga berprofesi sebagai MC profesional, serta Plant Based Chef punya cara tersendiri untuk menjaga rasa bahagia dalam dirinya.

Hati-yang-GembiraMelalui buku terbarunya “Hati Yang Gembira Adalah Obat”, ia berbagi pengalaman tentang cerita masa kecil, karier, keluarga, kehidupannya saat ini, serta ilmu healthy food yang dituangkan dalam berbagai resep kudapan yang sehat. Ditemui pada acara book talkshow pada hari Jumat (30/9/2016) dalam rangkaian Indonesia International Book Fair 2016, Sophie mengaku ingin mengajak para pembaca untuk menemukan diri sendiri dan memahami arti penting prioritas dalam hidup. “Dengan mencintai diri sendiri secara layak, kita pasti bisa mengurus orang lain.”, ungkapnya.

Lalu, bagaimana Sophie memaknai ‘kebahagiaan’ itu sendiri?

“Kebahagiaan yang hakiki. Rasa bahagia yang tidak berdasarkan oleh alasan apapun saat kita merasakannya; bukan karena kita telah mendapatkan bonus gaji, potongan diskon, atau efek kesenangan lainnya. Bahagia adalah saat kita sendiri telah berhasil merengkuhnya secara utuh.”

Berikut adalah 5 poin utama, cara Sophie Navita menemukan kembali hati yang gembira. Its written in the book:

1. Know who you really are, and what your purpose on earth is. 

2. Mengampuni, mengandung makna yang lebih dalam dengan efek yang lebih memulihkan daripada sekedar memaafkan.

3. Berserah, dan membiarkan kuasa Tuhan yang memimpin.

4. Bersyukur dalam segala hal & keadaan.

5. Berbagi. Give your good energy, good thoughts, your smile, and hugs!

sophie kids 2

“Saya bukan Mama yang sempurna.” 

Poin ini sengaja dituliskan oleh Sophie di dalam bukunya, untuk mengingatkan kita bahwa tidak ada pribadi yang sempurna di dunia ini. So, its okay to be not okay. Pengaturan prioritas menjadi kunci utama dalam menjalankan multiperan yang sedang Anda jalani. “Enggak harus sempurna. Practice saja, organically,” ungkapnya.

Adakah hal yang bisa kita usahakan untuk menumbuhkan kebahagiaan dalam diri?

Get in touch with yourself. Kenali apa tujuan hidup dan hal – hal yang akan membuatmu happy. Saya biasanya juga menyediakan waktu untuk meditasi, saya menyebutnya dengan istlah ‘silent moment’; membuat saya merasa lebih bisa memaknai hidup.”

Semoga sharing Mama Sophie yang tertuang dalam buku ini bisa menumbuhkan keinginan Anda untuk selalu berbahagia dalam menjalani hidup ya, Mamas. Its the most favorite part, “Saya sadar bahwa hidup ini sungguh berharga dan singkat. Sayang sekali bila dilewatkan dengan hati yang sulit merasakan sukacita dan gembira. And if you have kids, like me, remember: Children will listen. Your children are watching. Choose to live with a joyful heart.”. So yes, choose happiness! (Nathalie Indry/KR/Photo: Dok. Sophie Navita)

 

Shares