Health

Manfaat Edamame Bagi Kehamilan

By  | 

Bagi Anda yang belum pernah mengonsumsi edamame, sebaiknya Anda mulai mencobanya, Mamas. Edamame merupakan kedelai berwarna hijau yang bernutrisi tinggi. Pengolahannya pun mudah, Anda cukup merebus atau mengukusnya, lalu tambahkan garam sebagai penambah rasa.

Edamame yang biasa dimakan sebagai camilan ini, kandungan nutrisinya tidak kalah dibandingkan dengan jenis kacang-kacangan lainnya lho, Mamas to be. Edamame merupakan makanan yang kaya akan protein, asam folat, vitamin A, kalsium, dan vitamin B. Tidak hanya itu, dengan mengonsumsinya, kita juga bisa mendapat zat besi dan seng yang berguna bagi kesehatan kehamilan.

Seperti diketahui, asam folat sangat baik untuk mencegah cacat tabung saraf yang dapat mengakibatkan pertumbuhan otak bayi tidak normal. Protein didalamnya juga sangat penting karena asam amino yang menyusunnya, berguna bagi perkembangan sel-sel tubuh calon mama dan janinnya, terutama pada trimester kedua dan ketiga.

Edamame juga mengandung antioksidan isoflavon dan saponin yang dapat melindungi calon mama dan janin dalam kandungannya dari radikal bebas yang sangat berbahaya. Tak hanya itu, edamame juga dapat mengurangi risiko terkena osteoporosis bagi calon mama yang kurang mengonsumsi kalsium saat hamil.

Walau begitu, mengonsumsi apapun yang berlebihan tentunya tak baik ya, Mams. Termasuk dengan terlalu banyak mengonsumsi edamame. Beberapa kondisi buruk yang mungkin terjadi di antaranya adalah dapat berkurangnya daya serap kalsium, zat besi, magnesium, dan seng yang sangat penting bagi pertumbuhan janin. Kondisi ini dapat terjadi karena kandungan asam fitat di dalam edamame, yang awalnya berguna untuk melawan merkuri yang masuk dalam tubuh. Selain itu, mengonsumsi edamame dalam jumlah besar juga dapat menurunkan kolesterol yang sebenarnya dibutuhkan oleh tubuh calon mama dalam membantu pembentukan hormon progesteron dan estrogen, yang berguna untuk menjaga kesehatan kehamilan. Jadi, konsumsilah edamame secukupnya ya, Mams to be. (Tammy Febriani/KR/Photo: Istockphoto.com

Shares