Education

Permainan Clay dan Manfaatnya

By  | 

 

Clay dalam arti sesungguhnya adalah tanah liat, namun selain terbuat dari tanah liat, clay juga  terbuat dari bermacam-macam bahan, namun tetap memiliki sifat seperti clay (liat atau dapat dibentuk).

Saat ini tanah liat  sudah jarang ditemukan. Clay yang ada dipasaran saat ini digunakan sebagai pengganti clay dari tanah liat. Clay ini dimanfaatkan semua usia untuk bermain, berimajinasi dan berkreatifitas, dan sangat disukai anak-anak. Pernak-pernik dari tanah liat atau clay memang unik dan lucu untuk dipajang di rumah. Semakin kecil kreasi dari tanah liat ini dibuat, maka semakin tinggi nilai seninya.

Tak perlu bermain di luar rumah atau bahkan sampai pergi ke tempat yang jauh. Sesekali, bermain di rumah juga menyenangkan, kok. Karena, hal yang terpenting bagi Si Kecil adalah dapat menghabiskan waktu bersama orang tuanya.

  • Mengembangkan kemampuan motorik halus. Karena dengan adanya kegiatan mengepal, meremas dengan memijit, memipih, menekan dan lain-lain dapat menggerakkan, melatih dan memperkuat otot halus Si Kecil.
  • Mengenal konsep warna. Si Kecil menginginkan membentuk suatu warna yang baru maka ia dapat mencampurkan macam-macam warna  sesuai dengan keinginannya.
  • Memperluas wawasan dan pengetahuan. Si Kecil tidak  hanya  menerima apa yang sudah ada, namun ia akan mengetahui bagaimana membuat suatu bentuk.
  • Mengembangkan imajinasi dan fantasi. Si Kecil akan berimajinasi dan berfantasi sesuai dengan apa yang ia pikirkan, dan dituangkan dalam bentuk kegiatan yang ingin ia lakukan.
  • Mendorong kepercayaan diri. Membiarkan Si Kecil membentuk clay dapat menimbulkan sebuah rasa bertanggung jawab atas sesuatu. Tentu saja hal ini merupakan hal yang baik, karena ia akan merasa lebih percaya diri untuk mengkomunikasikan maksudnya. Setelah Si Kecil belajar untuk mengekspresikan diri, ia akan termotivasi untuk membuat sesuatu yang lebih baik lagi.
  • Menimbulkan rasa bangga atas pencapaiannya. Saat ia berhasil membuat sebuah karya, timbul rasa bangga dan jangan segan ya Yah untuk memuji pencapaian Si Kecil. (Yosi Avianti/Photo : Various)

 

Shares