Mind

5 Langkah Atasi Emosi saat Menstruasi

By  | 

Premenstrual Syndrome (PMS) sering diidentikkan dengan depresi, rasa cemas yang berlebihan, hingga perasaan yang sensitif. Tentu saja para mamas juga sering mengalami hal ini, tapi bingung bagaimana ya cara mengatasinya? Yuk cari tahu penyebab dan langkah mudah menjaga mood tetap stabil saat menstruasi tiba, Mams.

Fluktuasi hormon

Dalam satu siklus menstruasi, hormon estrogen terus dilepaskan hingga mencapai puncaknya saat terjadi pelepasan sel telur atau ovulasi. Setelah itu kadar estrogen menurun drastis sebelum akhirnya pelan-pelan meningkat lagi. Padahal, fungsi utama hormon estrogen tersebut adalah memengaruhi produksi endorfin – zat yang menstimulasi otak untuk memberikan rasa nyaman.

mature woman in a bathtub

Lalu, harus bagaimana? 
1. Sebelum dan sesudah masa menstruasi, sebisa mungkin batasi diri dari perdebatan yang tidak perlu.
2. Luangkan waktu untuk menyendiri jika diperlukan.
3. Lakukan aktivitas yang disukai, setidaknya 15 menit setiap hari untuk menikmatinya.
4. Meditasi. Lakukan sendiri seni meditasi di rumah saat bangun dan sebelum tidur selama 15 menit. Fokuskan perhatian Anda pada latihan napas melalui hidung dan memusatkannya di area mulut.
5. Supply energi positif. Pilihlah buku – buku self motivation berkualitas yang akan me recharge pikiran Anda untuk selalu bersyukur dan berpikir positif. ‘Simple Life’ karya Desi Anwar bisa menjadi pilihan.

Langkah pengendalian emosi diatas juga akan bermanfaat bagi kita saat menghadapi Si Kecil di rumah lho, Mams.  We all have to go through them: The emotions (and your kids!). (Nathalie Indry/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares