Health

Benarkah Kenaikan Berat Badan Berkaitan dengan Gender Bayi?

By  | 

Para calon mama juga keluarga kerap mencari kaitan antara sesuatu yang terjadi pada calon mama dengan kehamilannya. Beberapa kesimpulan yang tidak dapat dibuktikan secara medis seringkali disebut dengan mitos. Namun bagaimana jika ternyata data menunjukkan adanya kaitan antara kedua hal tersebut, contohnya kenaikan berat badan yang ternyata ada hubungannya dengan gender bayi. Benarkah ada korelasinya?

Is a boy or a girl?

Dalam sebuah studi yang dipublikasikan dalam website plusone.org menemukan bahwa calon mama yang mengalami kenaikan berat badan sebanyak +/- 10 kilogram, hanya 49% yang melahirkan bayi laki-laki. Sementara itu, calon mama yang kenaikan berat badannya sekitar 18-20 kilogram, 52,5% diantaranya melahirkan bayi laki-laki. Begitu pula bagi calon mama yang mengalami kenaikan berat badan sekitar 25-28 kilogram, 54% dari mereka memperoleh bayi laki-laki.

Penelitian tersebut dilakukan dengan mempelajati sekitar 70 juta kasus kelahiran bayi. Kristen J Navara, seorang dokter dari University of Georgia yang mengolah data kasus kelahiran tersebut mengatakan bahwa kemungkinan calon mama yang mengandung bayi laki-laki mengalami kenaikan berat badan lebih akibat embrio bayi laki-laki memiliki metabolisme yang lebih tinggi. Oleh sebab itu, mereka membutuhkan energi atau kalori yang lebih tinggi agar pertumbuhan janin lebih optimal.

Well Mamas to be, jika kenaikan berat badan Anda cukup signifikan, bisa jadi Anda tengah mengandung bayi laki-laki. Namun tentu saja pemeriksaan rutin di dokter kandungan akan lebih akurat hasilnya. (Karmenita Ridwan/Photo: Istockphoto.com)

Shares