Recipe

Resep : Puree Wortel yang Menyehatkan

By  | 

Wortel sering direkomendasikan sebagai menu sehat untuk bayi yang baru mencicip makanan pendamping ASI. Tekstur wortel yang lunak membuatnya mudah dicerna bayi. Selain untuk bayi, bubur wortel ini juga cocok untuk tambahan saat makan sayuran. Yuk, bikin sendiri di rumah!

  • Saat membeli wortel, pilihlah wortel dengan permukaan yang mulus dan berwarna orange cerah. Jika anak sudah terbiasa dengan cita rasa wortel, Anda bisa mencampurkannya dengan jenis buah ataupun sayuran lain seperti brokoli, mentimun ataupun ubi.
  • Setelah itu, cuci bersih wortel di bawah air mengalir. Kemudian kupas dengan menggunakan peeler. Sebisa mungkin, kupas tipis-tipis saja, karena bagian bawah kulit menyimpan banyak nutrisi yang baik untuk si kecil. Setelah itu, potong-potong wortel menjadi ukuran lebih kecil, agar mudah lunak saat direbus.
  • Masukkan air ke dalam panci berukuran sedang, kemudian rebus hingga airnya mendidih. Masukkan wortel yang sudah dipotong, rebus selama sekitar 10 hingga 15 menit. Setelah matang, kemudian angkat menggunakan saringan. Selanjutnya, cuci dengan air dingin agar uap panasnya hilang dan tidak jadi terlalu matang.
  • Segera haluskan wortel dengan menggunakan bantuan blender atau hand blender. Jika ingin teksturnya lebih encer, tambahkan air hingga mencapai konsistensi yang diinginkan.
  • Carrot puree atau bubur wortel bisa awet disimpan di dalam kulkas selama 3 hari. Kalau disimpan di dalam freezer, daya tahannya bisa mencapai 3 bulan. Saat ingin digunakan, pindahkan bubur wortel beku dari freezer ke rak bawah di dalam kulkas, dan biarkan semalaman hingga lumer. (Yosi Avianti/Photo : Istockphoto.com)

 

Shares