Parenting

Tip Aman Mengajak Si Kecil ke Mal

By  | 

Mal bisa jadi salah satu destinasi bagi Anda sekeluarga saat weekend. Namun ramainya mal, apalagi saat musim sale, bisa jadi saat yang menantang bagi Anda dan suami. Tempat yang lapang, pajangan toko, lift, dan eskalator akan menjadi hal yang menarik bagi anak-anak sehingga mereka tak segan untuk mencoba, memanjat atau berlarian kesana kemari.

Tentunya kondisi ini tak akan bisa membuat Anda tenang untuk berbelanja ya, Mamas? Jangankan untuk mencoba sepatu incaran Anda, melepas pandangan sesaat ke etalase toko saja, dalam sekejap Si Kecil bisa hilang dalam pandangan mata Anda.

Untuk menghindari hal buruk terjadi pada Si Kecil, seperti terjatuh, tertimpa pajangan toko, atau bahkan hilang di mal, yuk terapkan beberapa tip berikut ini saat ke mal bersama Si Kecil!

  • Cek pakaian. Sebelum masuk ke mal, cek terlebih dahulu apakah tali sepatunya terikat erat, dan pakaiannya tidak terlalu panjang sehingga bisa menyebabkan terinjak atau tersangkut. Ingat pula agar ia tidak menyeret jaket atau mainannya di eskalator yang bisa membuat terjepit. Hindari juga mengenakan Si Kecil dengan sepatu karet yang mudah tersangkut di eskalator. Jika sampai tersangkut, segera tekan tombol berhenti darurat di ujung eskalator atau berteriaklah pada orang yang ada di dekat tombol tersebut agar menekan tombol darurat ya, Mamas.

Family running at the shopping center

  • Jangan biarkan anak Anda berkeliaran di antara pajangan dan rak. Saat Anda sedang melihat-lihat barang di sebuah toko, sibukkan Si Balita dengan memberinya mainan favorit yang Anda bawa dari rumah. Cara ini dapat mengalihkan perhatiannya dari manekin dan pajangan warna-warni lain yang menarik perhatian. Cara lain, untuk anak yang lebih kecil yang mungkin sedang senang-senangnya merangkak, sebaiknya ia tetap berada dalam stroller atau digendong dengan gendongan kangguru. Dengan begitu, ia tak bisa merangkak menggapai rak yang bisa membuat mereka tertimpa barang-barang, atau terjatuh karena memanjat rak. Si Balita yang gemar berlarian di antara rak bisa membuatnya mudah hilang dari pandangan, jadi jangan lepaskan pandangan Anda darinya ya, Mamas?
  • Selalu menggandengnya. Demi keamanan, sebaiknya Anda selalu menggandeng Si Balita saat berada di mal, apalagi ketika sedang berada di eskalator atau lift. Pastikan jari-jari mereka aman agar terhindar dari tersangkut dalam celah pegangan eskalator, ataupun terjepit pintu lift. Ajarkan anak untuk tetap berdiri menghadap depan sambil memperhatikan kapan waktunya untuk melangkah ketika menaiki eskalator. Ingatkan pula Si Kecil untuk tidak menginjak garis kuning, atau berlari di eskalator, dan juga melompat-lompat di dalam lift.
  • Gunakan lift. Jika Anda membawa stroller saat mengunjungi mal, hindari naik atau turun dengan menggunakan eskalator yang berisiko besar membuat Si Kecil terjatuh dari stroller-nya. Pilih lift untuk keamanannya.

Toddler sitting in the shopping cart

  • Dudukkan di troli. Saat berbelanja di supermarket, dudukkan ia di kursi yang tersedia di bagian pegangan troli dengan posisi duduk menghadap ke tubuh Anda. Hindari mendudukkan ia di bagian dalam troli, karena bisa saja ketika ia bergeser ke bagian ujung, troli bisa terjungkir. Lebih aman lagi, pilih troli dengan tempat duduk anak di bagian bawah. Biasanya didesain berbentuk mobil-mobilan. Dengan begitu, anak akan senang dan juga lebih anteng.
  • Si Kecil tak boleh melepas alas kakinya. Selama berada di mal, ingatkan Balita Anda untuk tak melepas sandal atau sepatunya. Dikhawatirkan ada lantai yang licin hingga dapat membuatnya terjatuh, atau kabel-kabel terbuka yang dapat membuatnya tersetrum. Selain itu, ajarkan juga ia untuk menjauhi kabel-kabel ya Mams, karena kita tidak pernah tahu apakah kabel-kabel tersebut cukup aman. (Tammy Febriani/KR/Photo: Istockphoto.com) 

Shares