Style

9 Fashion Tips untuk Si Kecil

By  | 

Mengenakan pakaian bagi bayi dan balita bisa dibilang gampang-gampang susah. Seringkali mereka tak bisa diam ketika Anda sedang terburu-buru, sehingga hal yang seharusnya mudah dan bisa dilakukan dengan sekejap, jadi terasa sangat sulit. Begitu pula dengan anak aktif, ada triknya lho Mamas, bagaimana mengenakan pakaian untuknya.

Black woman in front hallway fixing young girls dress

Simak 9 saran dan tip dari Smart Mama, bagaimana mendandani Si Kecil agar tampak menarik dan tetap nyaman.

  1. Bahan nyaman. Ketika memilih pakaian untuk Si Kecil, faktor kenyamanan sangatlah penting, Mams. Anda harus memerhatikan bagaimana kondisi dan aktivitasnya. Terlebih bagi bayi yang belum bisa bicara, mereka belum bisa mengungkapkan rasa tak nyamannya selain rewel dan mudah marah.Pilih pakaian dengan bahan yang mudah menyerap keringat, tak gatal dan panas untuknya, agar Si Kecil nyaman saat mengenakannya.
  2. Mudah dikenakan dan dilepas. Mengganti pakaian Si Kecil dengan mudah dan cepat juga cukup penting. Mengingat Si Kecil yang suka tak bisa diam ketika digantikan baju. Membeli pakaian dengan model ritsleting atau kancing warna-warni akan memudahkan bagi Anda atau Si Kecil sendiri saat melepas ataupun mengenakan pakaiannya.
  3. Sesuaikan dengan aktivitasnya. Bila Si Kecil gemar melakukan outdoor activity, maka hindari mengenakan Si Kecil dengan pakaian yang membuatnya tak nyaman dan dapat melukai dirinya.  Bagian lutut yang terbuka, sepatu yang tak nyaman, dapat melukai dirinya. Jadi, sesuaikan pakaiannya dengan aktivitas Si Kecil ya, Mamas.
  4.  Fit sizePakaian yang terlalu sempit atau terlalu besar hanya akan mendatangkan masalah. Terutama bagi anak yang aktif, selain tak nyaman, ia juga bisa celaka.
  5. Hindari Aksesori berlebihan. Sebaiknya pada pakaian Si Kecil tidak ada sesuatu yang disematkan, dijepit, atau desain lainnya yang dapat membahayakan dirinya atau orang lain. Terutama bagi bayi, baju berkancing juga bisa berbahaya lho, Mamas. Ketika kancing terlepas karena tertarik olehnya, bisa saja kancing tersebut tertelan olehnya. Jadi pilihlah pakaian yang simpel dan aman.
  6. Motif dan desain. Memilih pakaian dengan desain dan motif yang menarik untuknya, dapat membangkitkan semangat mereka. Motif hewan dan kartun sudah pasti akan disukainya.
  7. Bright and happy coloursDaripada memilih warna netral untuknya, yuk bangkitkan suasana hati Si Kecil dengan pakaian-pakaian berwarna terang yang akan membuat mereka happy.
  8.   Avoid Over matching clothes. Mengenakan Si Kecil setelan dengan satu warna saja sudah cukup ‘ramai’ bila warna yang Anda pilih adalah warna terang. Apalagi bila Anda memilih outfit yang tabrak warna atau tabrak motif. Menyamakan pakaian Si Kakak dengan adiknya juga tak salah, hanya saja Anda tak perlu menjadikannya seperti anak kembar. Cukup pilih pakaian dengan warna senada sudah cukup kok, Mamas.
  9.   Don’t be too dressy.Hindari mengenakan pakaian yang berlebihan bagi Si Kecil, apalagi bila itu adalah acara yang kasual. Selain tak cocok, Si Kecil pasti merasa tak nyaman. Misalnya, daripada  memakaikan anak perempuan Anda dengan dress, sebaiknya kenakan legging atau short saat ia sedang bermain di playground(Tammy Febriani/KR/Photo:Istockphoto.com)

Shares