Health

Charity Run, Aksi Peduli Kanker Payudara

By  | 

Faktanya, 1 dari 25 perempuan berisiko terkena kanker payudara. 

Badan Kesehatan Dunia /WHO memperkirakan pada tahun 2030 nanti, jumlah kematian akibat penyakit kanker akan mencapai 17 juta jiwa. Sebelum terlambat, segera lakukan SADARI – Pemeriksaan Payudara Sendiri secara rutin setiap satu bulan sekali, pada masa saat kepadatan payudara berkurang (7 – 10 hari setelah menstruasi). Berikut adalah langkah – langkah SADARI yang bisa Anda lakukan di rumah dan segera periksakan diri ke dokter apabila mamas menemukan kejanggalan pada kondisi payudara (Baca: Kenali Bejolan pada Payudara).

SADARI
Untuk menyebarluaskan bentuk kepedulian ini, Lovepink Indonesia, komunitas cancer warriors & survivors yang digagas oleh dua orang sahabat survivor Shanti Persada dan Madelina Mutia sejak tahun 2010, menggagas aksi Jakarta Goes Pink 2016 pada tanggal 9 Oktober mendatang. Bertempat di Altira Business Park, Sunter, Jakarta Utara, Mamas dapat mengikuti 3 aktivitas utama: Charity Run, Fun Walk, atau memberikan donasi melalui aksi ‘Pink Pledge’. Selain itu, juga akan dilakukan beberapa aktivitas pelengkap seperti layanan breast screening hingga penyuluhan pemeriksaan SADARI selama acara berlangsung.

 

Founder Lovepink Indonesia bersama para pemain film Pinky Promise

Founder Lovepink Indonesia bersama para pemain film Pinky Promise

Saat ditemui dalam acara media gathering pada 1 September 2016 lalu, Agni Pratista, Mama dari Rudra Arka Monoarfa (2 th) mengaku akan ikut memeriahkan acara dan berlari untuk menunjukkan kepedulian terhadap Breast Cancer Awareness yang diperingati setiap bulan Oktober. “Sudah saatnya kita, perempuan, peduli dengan kesehatan diri sendiri. Terutama karena kita memiliki organ tubuh yang kompleks seperti rahim dan payudara. Saya pun mulai rutin melakukan gerakan SADARI; melalui aksi ini, semoga semakin banyak wanita yang menyadari akan pentingnya pemeriksaan payudara”, ujarnya.

Selain Agni, aktris Chelsea Islan, Derby Romero dan Dea Seto juga mendukung aksi ini melalui film yang mereka perankan, “Pinky Promise”. Film ini mengangkat kisah persahabatan empat orang wanita dengan ancaman penyakit kanker payudara yang diangkat berdasarkan fenomena real yang terjadi dalam kehidupan sehari – hari. Menurut rencana, film ini akan ditayangkan di bioskop – bioskop terdekat pada bulan Oktober, sekaligus untuk memperingati Breast Cancer Awareness. So, yes, Mamas.. Sudah saatnya kita mulai peduli terhadap bentuk pemeriksaan kesehatan, khususnya kanker payudara. Anda yang tertarik mengikuti aksi fun walk & charity run, dapat segera mendaftar melalui website Jakarta Goes Pink 2016. We all have to fight together! (Nathalie Indry/KR/Photo: Various)

Shares