Education

8 Manfaat Olahraga Ice Skating untuk Si Kecil

By  | 


Olahraga ice skating cukup populer di negara yang memiliki empat musim. Di Indonesia, olahraga ini juga mulai dipopulerkan walaupun hanya di kota-kota besar saja. Ice skating sebenarnya dapat dilakukan di musim apa saja asalkan memang ada tempat khusus untuk melakukan ice skating. Sebagai salah satu olahraga, ice skating memiliki beberapa manfaat, manfaat tersebut antara lain :

1. Keseimbangan yang lebih baik
Ice skating membantu meningkatkan keseimbangan tubuh melalui latihan yang menyenangkan. Meluncur di es yang licin memerlukan keseimbangan lebih untuk tetap bertahan agar tidak terjatuh. Apalagi sepatu yang digunakan oleh pemain ice skating merupakan sepatu khusus yang perlu dijalankan dengan seimbang. Jadi bagi Si Kecil yang bisa melakukan ice skating dan terus berlatih maka, akan memiliki keseimbangan yang lebih baik dari yang tidak pernah melakukan.

2. Meningkatkan fleksibilitas sendi
Ice skating bisa menjadi salah satu solusi untuk meningkatkan fleksibilatas sendi. Ice skating membutuhkan pergerakan kaki dengan lutut yang kuat, sendi kaki akan menerima latihan yang bagus dan diharapkan akan lebih fleksibel jika dilatih terus.

3. Membentuk otot kaki
Manfaat olahraga ice skating lainny adalah memberikan latihan untuk otot kaki. Olahraga ini dapat membentuk otot kaki sehingga lebih kuat setiap kali berlatih. Pemain ice skating perlu meluncur dan menggerakkan kaki mereka sehingga otot kaki akan terus dilatih.

4. Kesehatan jantung
Latihan aerobik merupakan aspek penting dalam kesehatan jantung. Bagian terbaiknya adalah skating menjadi latihan cardio kadang tanpa disadari. Kesehatan jantung sendiri merupakan hal yang perlu selalu dijaga karena merupakan organ vital pada manusia.

5. Menjaga ketahanan tubuh
Ice skating membutuhkan energi lebih untuk setiap penambahan waktu, menjadikan kita membangun ketahanan tubuh. Semakin lama kita melakukan ice skating, maka kita akan meningkatkan ketahanan kita, tidak hanya untuk ice skating tapi untuk olahraga dan aktivitas lainnya juga.

6. Menjaga kelenturan otot
Melalui meluncur dan sinkronisasi pergerakan kaki, sendi dan otot akan mendapatkan latihan dan menjadi fleksibel. Ice skating juga membuat hampir semua otot utama bekerja, termasuk persendian.

7. Lebih bahagia
Udara yang sejuk dan sinar matahari di ice skating outdoor akan membuat  lebih nyaman dan tenang. Apalagi jika Si Kecil melakukan ice skating bersama dengan teman-tamn. Kegiatan ice skating tersebut akan menjadi kegiatan yang menyenangkan sehingga bisa memberikan perasaan bahagia. .(Yosi Avianti/Photo : Various)

Shares