Health

Gerakan Olahraga Bersama Si Balita

By  | 

Berdasarkan survei kecil yang dilakukan oleh Tim Smart Mama, ternyata hanya 2 dari 5 mama yang kembali aktif melakukan olahraga rutin paska melahirkan. Sementara mama lain merasa takut, malas, dan tidak memiliki waktu luang untuk menjalaninya. Bagaimana dengan Anda?

Sesuai saran para ahli, sebenarnya Mamas sudah disarankan kembali melakukan olahraga sejak 4 – 6 minggu paska persalinan. Tentu dengan aktivitas ringan seperti peregangan otot tubuh selama 5-10 menit untuk menjaga kebugaran dan mengencangkan otot serta ligamen yang kendur setelah melahirkan.

baby fit gym

Melalui akun Instagramnya @baby_fitgym, Kristy Ardo, seorang Blogger, yang juga mama dari dua orang anak Tuck & Tate, sekaligus menjadi personal trainer berbagi pengalaman dan gerakan olahraga mudah yang telah ia lakukan bersama Si Kecil sejak usianya masih balita.

carrier

Sementara itu, Ali Lee, personal trainer asal Australia sekaligus mama dua orang anak yang menggagas ‘Kangatraining’, sebutan untuk olahraga bersama dengan Si Kecil memberikan rekomendasi gerakan ringan yang bisa dilakukan di rumah:

1. Manfaatkan Baby Carrier

Gendong Si Kecil menggunakan baby carrier yang nyaman dan letakkan tangan Anda dalam posisi memeluk tubuhnya. Turunkan pinggul/bokong perlahan ke arah lantai lalu angkat kembali. Lakukan pengulangan sebanyak 10 kali.

push up

2. Push Up Ringan

Baringkan Si Kecil di atas matras olahraga dan mulailah melakukan gerakan push up. Sejajarkan posisi kepala Anda dengannya dengan pengulangan sebanyak 10 kali.

foot squat

3. Latih Otot Kaki

Dalam posisi duduk, letakkan Si Kecil dalam pangkuan tumit kaki. Sandarkan tangan Anda ke arah punggung bagian belakang dan mulai angkat kaki, lakukan sesuai kemampuan. Ulangi gerakan sebanyak 5 – 10 kali.

sigi wimala

Di Indonesia sendiri, aktris dan mama dari Max dan Alex, Sigi Wimala juga sering melakukan hal yang sama. Melalui video Instagramnya, tampak ia menggendong Alex dan melakukan squat ringan. Anda pun bisa melakukannya, Mams. Selamat berolahraga bersama Si Kecil! (Nathalie Indry/KR/Photo: Istockphoto.com, various)

Shares