Mind

5 Langkah Tingkatkan Bonding Time Papa & Calon Bayi

By  | 

Hi there Mamas to Be! Di masa kehamilan ini, apa saja aktivitas yang sudah Anda dan pasangan lakukan untuk meningkatkan bonding moment dengan calon bayi? Hasil studi yang dirilis oleh University College London mengatakan bahwa ikatan batin yang terjalin baik antara papa dengan anak sejak dalam kandungan akan membantu mengoptimalkan perkembangan tumbuh kembang, mental dan perilaku mereka di kemudian hari.

iStock_16732673_SMALL

Tetapi sayangnya, dalam studi yang sama juga diungkapkan bahwa kebanyakan pria cenderung bisa memiliki kedekatan dengan anak – anak mereka setelah mencapai masa pubertas. Yuk bantu mereka untuk membangun pola bonding yang kuat sejak saat ini, berikut langkahnya.

1. Mengusap Bagian Perut
Biarkan pasangan mengusap dan memeluk kulit perut Anda yang tengah buncit. Secara ilmiah, tindakan ini akan mengalirkan elektron – elektron positif ke dalam tubuh Anda sehingga janin dapat merasakannya.

2. Bangun Cerita Bersama
Sediakan waktu bagi pasangan untuk membangun komunikasi dengan janin melalui percakapan ringan selama 5 menit setiap hari sebelum tidur dan ajarkan caranya. Ungkapan penantian kehadiran Si Kecil akan dirasakan sangat positif tidak hanya bagi calon mama, tetapi juga calon bayi.

3. Libatkan dalam Aktivitas Detail
Selain mendekorasi kamar bayi, ajak pasangan untuk ikut serta memilih pernak – pernik kebutuhan primer yang akan digunakan setelah masa persalinan tiba. Misalnya perlengkapan menyusui, baju hingga buku – buku yang perlu dibacakan sejak masa kehamilan dan meningkatkan perasaan keinginan untuk memiliki.

Parents holding baby shoes

4. Supporting Class, Why Not? 

Jika tidak mungkin bergabung, paling tidak Anda bisa mengajak pasangan untuk ikut menemani dalam berbagai kelas yang dapat diikuti selama kehamilan: Senam hamil hingga Pre natal class yang telah disiapkan pihak rumah sakit.

5. Aktif Berkomunikasi dengan Obgyn

Jadikan appointment rutin dengan dokter Obgyn menjadi momen penting bagi Anda dan pasangan untuk mempersiapkan diri menjadi orangtua baru. Tantang ia untuk ikut aktif berkomunikasi dan mengajukan pertanyaan mengenai kesehatan dan perkembangan janin.

The fact is, he’s on this journey with you; He’s pregnant too, so enjoy your Pregnancy! (Nathalie Indry /KR /Photo : Istock photo.com)

Shares