Mind

5 Cara Atasi Kehilangan Paska keguguran

By  | 

Meskipun Anda belum pernah melihat wujud dari janin yang berada di kandungan Anda, tentu Anda dapat merasakan ada seorang makhluk kecil yang sedang tumbuh dalam rahim Anda. Dan jika ia harus menghilang dari kehidupan Anda karena suatu hal, tentu saja Anda akan merasa sangat kehilangan. Tak hanya itu, harapan Anda untuk segera berubah status menjadi seorang mama tiba-tiba direnggut begitu saja. Hal tersebut sudah pasti membuat Anda sangat sedih dan dapat berujung pada stres. Namun jangan biarkan hal tersebut terjadi ya, Mams. Keguguran memang berat, namun Anda masih memiliki harapan untuk kembali mengandung, kan? Yuk atasi kesedihan Anda dengan enam cara berikut.
1. Kenali perasaan Anda. Perasaan setiap orang saat berduka memang berbeda-beda ya, Mams. Ada yang mengekspresikannya dengan menangis, namun jangan heran jika Anda tiba-tiba merasa tidak memiliki emosi sama sekali atau kosong. Hal tersebut lumrah terjadi kok, Mams, namun ada baiknya Anda segera mengutarakan perasaan tersebut pada pasangan atau sahabat.
2. Tak perlu terlalu sensitif. Paska keguguran biasanya baik sahabat maupun keluarga akan menghibur Anda dengan kata-kata manis yang mungkin menurut Anda terlalu basa basi. Namun jangan terlalu sensitif ya, Mams, lihat dari sisi positifnya mereka ada untuk Anda meskipun tidak merasakan yang Anda rasakan.

Depression in young people
3. Quality time dengan pasangan. Tak hanya Anda, tentunya Si Dia juga merasa kehilangan bayi Anda berdua lho. Memang sih Anda yang mengandung, tetapi janin dalam kandungan Anda kan anak Si Dia juga. Terkadang di kala sedih melanda, Anda berpikir bahwa Anda lah yang paling menderita. Padahal pasangan juga merasakan hal yang sama, oleh karena itu ada baiknya Anda berdua saling berbagi rasa dan menghabiskan waktu bersama berdua. Hal ini akan mengurangi beban kesedihan Anda berdua dan menimbulkan rasa optimis untuk mencoba memiliki seorang bayi lagi.
4. Buat memori tentang Si Kecil. Membuat memori tentang Si Kecil juga akan membantu proses healing. Misalnya Anda menanam tanaman bunga kesukaan Anda untuknya atau membuat ukiran namanya, bisa juga membuat lukisan abstrak. Perlahan luka yang Anda rasakan akan menghilang sedikit demi sedikit.
5. Tunjuk seseorang untuk menjadi juru bicara. Saat Anda mengalami keguguran, akan banyak pertanyaan yang datang entah dari teman, kerabat atau keluarga besar. Menjawab pertanyaan mereka satu persatu tentu tidak membantu Anda untuk healing. Oleh karena itu, tunjuk saudara kandung atau sahabat untuk menjadi juru bicara yang akan menjawab semua pertanyaan seputar keguguran yang Anda alami.
Well Mams, tidak ada satu orangpun yang akan melupakan rasa sedih dan kehilangan akibat keguguran. Namun jika hal tersebut terjadi pada Anda, ingatlah bahwa berdasarkan statistik 1 dari 5 mama mengalami keguguran. Memang tidak akan membantu menghilangkan kesedihan Anda, namun Anda tidak sendirian, Mams, di luar sana banyak mama yang juga mengalami hal ini. Be strong, Mams, dan tetap optimis suatu saat nanti Anda akan diberi kesempatan untuk kembali hamil dan menjadi seorang mama. (Karmenita Ridwan/Photo: Istockphoto.com)

Shares