Finance

Yuk, Biasakan Bayar Tunai!

By  | 

Sebenarnya Mams, membayar sesuatu dengan menggunakan uang tunai diketahui lebih menghemat pengeluaran dibandingkan bila membayar dengan menggunakan kartu debit atau kredit. Dan tak hanya itu saja manfaat yang bisa Anda dapatkan dari pembelian secara tunai lho, Mamas. Ternyata, bertransaksi dengan membayar secara tunai juga dapat membuat barang yang dibeli terasa lebih berharga. Hal tersebut dibuktikan melalui sebuah studi yang dipublikasikan dalam Journal of Consumer Research.

Walau bisa dibilang membeli barang dengan uang tunai memang lebih terasa berat, namun cara itu ternyata bisa membuat kondisi dompet Anda justru lebih baik. Karena, ketika membayar secara tunai, Anda dipaksa untuk berhadapan dengan total uang sebenarnya yang harus dikeluarkan. Dan ternyata hal tersebut dapat menimbulkan ikatan emosional pada pembelian dan membuat barang tersebut jadi lebih berharga.

“Kita cenderung menghargai barang yang kita beli lebih rendah saat membayarnya dengan menggunakan kartu debit ataupun kredit dibandingkan ketika kita membayarnya dengan metode secara tunai atau cek,” urai Avni M. Shah, Asisten Profesor Marketing University of Toronto Scarborough.

Penelitian yang dilakukan cukup sederhana, yaitu dengan menjual cangkir seharga $2 kepada dua grup. Satu grup membayarnya dengan tunai dan satu grup lagi membayarnya dengan menggunakan kartu. Kemudian para peneliti pun mencoba membeli kembali cangkir-cangkir tersebut dua jam kemudian untuk mencari tahu bagaimana mereka menilai sebuah barang.

Ternyata para partisipan yang membayar secara tunai menjualnya kembali dengan harga $6.71 atau sekitar Rp 88 ribuan. Sementara mereka yang menggunakan kartu hanya menghargainya $3.83 atau Rp 50 ribuan.

Maka dari situ dapat diambil kesimpulan bahwa seseorang yang bertransaksi secara tunai akan lebih menghargai transaksi pembelian mereka. Menurut Avni, hal tersebut disebabkan karena transaksi dengan uang menimbulkan rasa yang lebih ‘berat’ sehingga barang yang dibeli menjadi lebih berkesan dan berarti.

Dilansir dari Woman’s Day, sebelumnya seorang wanita bernama Margarita Valbuena mengaku merasakan hal yang serupa. Ia pernah mencoba membayar semua pengeluaran kecuali yang memakai sistem auto-pay, secara tunai. Hasilnya, ia lebih menghargai aktivitasnya saat berbelanja, seperti ketika ia membeli baju ataupun ke salon. Bahkan dalam satu bulan, ia bisa menghemat hingga $382 atau Rp 5 jutaan! Jadi, mari kita beralih ke pembayaran tunai yuk, Mamas! (Tammy Febriani/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares