Beauty & Style

Atasi Kulit Gatal Saat Hamil dengan Cara Ini

By  | 

Banyaknya masalah kulit saat kehamilan memang seringkali membuat Anda kurang percaya diri ya, Mams. Namun, ada beberapa cara agar kulit senantiasa terawat. Berikut tipnya.

1. Perbanyak Konsumsi Sayur, Buah, dan Air Putih. Hal pertama yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi masalah kulit gatal saat hamil adalah dengan memperbaiki jumlah dan jenis makanan yang Anda konsumsi setiap harinya. Makanan sangat mempengaruhi bagaimana kinerja kelenjar keringat dalam menjaga kelembaban kulit yang sering gatal dan kering. Oleh karena itu, makanlah lebih banyak sayur, buah, dan air putih. Makanan-makanan tersebut dapat menjaga kelenjar keringat agar dapat bekerja secara optimal.

2. Gunakan Lotion. Pelembab Kinerja kelenjar keringat dalam mempertahankan kelembaban kulit yang sering menjadi kering saat hamil dapat dibantu dengan memberikan lotion pelembab. Usahakan untuk menggunakan lotion yang tidak mengandung bahan pewangi, misalnya seperti calamine lotion sehingga lebih aman bagi janin. Pemberian lotion pelembab dapat dilakukan sehabis mandi pagi atau sore. Selain menggunakan lotion pelembab, Anda juga dapat memanfaatkan minyak kelapa dalam bentuk Virgin Coconut Oil (VCO) untuk mengatasi kulit gatal saat hamil. Minyak ini disebut lebih ampuh dibandingkan lotion pelembab, mengingat ia juga dapat membantu mencegah iritasi terutama bila Anda sering menggaruk.

3. Mandi Air Dingin. Saat hamil, sebisa mungkin hindarilah mandi menggunakan air hangat, terutama bila Anda mengalami masalah kulit gatal. Mandi air hangat bisa membuat kulit semakin kering dan rasa gatal timbul semakin parah. Sebaliknya, saat merasa gatal, Anda justru disarankan mandi dengan air dingin. Mandi air dingin membuat kelenjar keringat tertutup dan mencegah keluarnya minyak di kulit secara berlebih.
4. Gunakan Pakaian yang Tepat. Jenis bahan dan ukuran pakaian yang Anda kenakan akan mempengaruhi suhu kulit tubuh Anda. Oleh karena itu perhatikan pakaian hamil yang Anda gunakan. Pilihlah pakaian hamil yang longgar dari bahan katun yang mudah menyerap keringat. Pakaian semacam ini juga efektif untuk meminimalkan gerah saat hamil.
5. Hindari Terik Matahari. Terik matahari langsung dapat memperparah rasa gatal di kulit Anda. Oleh karena itu, usahakan untuk tidak keluar rumah saat siang hari. Namun jika terpaksa, sebelum keluar Anda dapat mengoleskan VCO atau lotion pelembab untuk menghindari produksi keringat berlebih. 6. Hindari Kipas Angin Kipas angin yang diarahkan terus menerus ke kulit tubuh juga dapat memperparah rasa gatal di kulit saat hamil. Angin dari kipas akan mengangkut partikel-partikel air di kulit sehingga bisa menyebabkan kulit kering dan menimbulkan rasa gatal. (Yosi Avianti/Photo : Various)

Shares