Relationship

Masalah Keuangan yang Kerap dihadapi dalam Rumah Tangga

By  | 

Sebagai pasangan yang baru saja menikah, tentunya Anda akan dihadapi berbagai masalah baru, salah satunya adalah masalah keuangan.

Ya, masalah ini memang tidak bisa dihindari begitu saja. Anda dan pasangan harus saling bertukar pikiran serta saling terbuka agar hubungan rumah tangga dapat berjalan dengan baik. Berikut, adalah masalah keuangan yang sering terjadi, dan sebaiknya Anda hindari, ya.

1. Tidak ada bayangan. Pernahkah Anda terpikir untuk mencatat semua pengeluaran dari yang terkecil hingga terbesar? Ya,  memang tidak perlu, namun menjalani kehidupan tanpa punya bayangan pengeluaran yang digunakan akan menimbulkan masalah di kemudian hari. Sedikitnya, catatlah pengeluaran kalian secara kasar. Ini akan membantu untuk menggunakan uang dengan lebih bijak dan menyortir kebutuhan umum dan juga kebutuhan yang tidak perlu.

2. Menabung demi anak. Memiliki rencana untuk hamil, melahirkan, punya anak, menyekolahkan anak-anak, dan hal di masa depan lainnya memang terlihat menekan diri untuk terus menabung. Namun, selagi Anda masih hanya berdua dengan pasangan, bukan berarti harus hidup penuh perhitungan.  Kurangilah waktu makan di luar, gantilah pengeluaran tersebut untuk menghabiskan waktu berduaan dua minggu sekali, dengan menggunakan uang dengan bijak juga tentunya.

3. Terbuka dengan pasangan. Jika Anda ingin membeli sebuah barang namun ragu karena kesepakatan menabung dengan pasanganmu, jangan pendam keinginan itu sendirian. Ceritakan kepada pasangan betapa Anda menginginkan untuk membeli barang tersebut, jika masih bisa berterima, pasanganmu pasti akan mengerti. Jika Anda memendam keinginan itu sendiri, lama kelamaan mulai merasa terbebani.

4. Tidak teliti. Mencatat pemasukan dan pengeluaran uang memang merupakan hal yang sedikit rumit. Namun, mencatat keuangan dengan teliti dapat menghindari masalah di kemudian hari, terutama jika kalian sedang menggunakan pengeluaran yang cukup besar nominalnya. (Yosi Avianti/Photo : Istockphoto.com)

Shares