Health

5 Cara Melatih Bayi Belajar Tengkurap

By  | 

Keterampilan untuk tengkurap memang sangat penting bagi bayi. Nantinya, ini akan menjadi dasar baginya untuk menguasai berbagai keterampilan penting lainnya, seperti duduk, merangkak, berdiri, dan kemudian berjalan.

Namun setiap bayi memiliki tahap perkembangan yang berbeda ya, Mamas. Beberapa bayi mulai tengkurap di usia dua bulan, namun bayi lainnya baru mulai tengkurap di usia empat bulan. Jadi, setiap anak memiliki waktu berbeda untuk menguasai keterampilannya. Karena itu, jangan khawatir bila bayi Anda yang berusia tiga bulan belum bisa berguling dan tengkurap, sedangkan bayi sahabat Anda yang berusia dua bulan sudah bisa melakukannya.

Untuk melatihnya tengkurap atau biasa disebut juga tummy time, lakukan beberapa hal ini:

  • Awali saat bangun tidur. Awali dengan menengkurapkan bayi Anda di atas dada. Tak perlu lama-lama, cukup lima menit saja. Posisi ini bisa membuat bayi merasa nyaman. Posisi ini dapat membuatnya menatap langsung wajah Anda. Cara ini dapat melatihnya untuk menjaga keseimbangan. Selain dapat melihat ekspresi bayi yang senang berada di atas perut Anda, bonding Anda dan bayi pun semakin kuat.
  • Saat mengganti popok.Selain saat bangun tidur, Anda juga bisa menengkurapkan bayi Anda usai mengganti popoknya. Biarkan ia tengkurap selama beberapa menit sambil mengajaknya mengobrol.
  • Siapkan mainan. Anda bisa memberi mainan berwarna cerah atau berbunyi di depannya dan biarkan ia berusaha meraihnya. Posisi tengkurap ini sangat membantu bayi untuk merangsang kemampuan mengangkat badannya dan bergerak mengambil mainan yang ada di hadapannya. Geser mainan tersebut ke kanan-kiri atau mendekat dan menjauh, agar ia mengikuti dan memiringkan tubuh hingga berguling dan akhirnya tengkurap. Anda bisa memberinya mainan tersebut setelah ia tengkurap.
  • Gunakan cermin. Ambil cermin kecil dan letakkan di depan bayi. Biarkan ia melihat dirinya sendiri yang sedang dalam posisi tengkurap. Karena pada dasarnya bayi selalu senang melihat dirinya sendiri. Di posisi ini, bayi dapat bereksplorasi dengan pantulan dirinya di cermin.
  • Lakukan beberapa kali. Usahakan setidaknya ia tengkurap sekitar 30 menit dalam sehari. Namun jangan tengkurap selama itu ya, Mamas. Anda bisa membaginya menjadi beberapa kali dengan rentang waktu yang lebih singkat. Seperti misalnya di pagi hari ketika ia baru bangun tidur, setelah mandi pagi, atau saat sedang bermain. Dan ingat, jangan paksa ia tengkurap ketika sedang rewel atau tak enak badan.

Walau begitu, apabila Anda merasa khawatir dengan perkembangan bayi Anda yang lebih lambat dibandingkan bayi lainnya, tak ada salahnya berkonsultasi dengan dokter. (Tammy Febriani/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares