Parenting

Memahami Arti Tangisan Bayi

By  | 
Tidak mengompol, sudah disusui, dan sepertinya ia tampak nyaman dengan kondisi rumah. Tapi kok, Si Kecil masih sering menangis? Bayi baru lahir hingga usia 1 tahun memang akan lebih sering menangis, oleh karena itu penting bagi Anda untuk memahami arti dibalik tangisannya. Menurut Priscilla Dunstan, founder Dunstan Baby Language – sebuah program yang dirancang khusus untuk mengenali bahasa bayi yang berbasis di Australia menggungkapkan bahwa ada lima alasan dan karakteristik kala bayi menangis:

1. Lapar
Perut bayi memang masih belum dapat mencerna makanan/ASI dalam jumlah banyak, yang menyebabkan ia sering merasa lapar. Bayi yang menangis karena lapar seringkali akan terdengar lebih keras dan berlangsung lama.

2. Lelah
Karakteristik tangisan ini akan terdengar seperti suara yang bergetar dan menggigil.

3. Tidak nyaman usai menyusu
Rasa tidak nyaman yang ditimbulkan akibat gelembung udara yang tertahan pada bagian dada ini akan mengganggu Si Kecil, terutama saat ia selesai menyusu. Mamas dapat mengenali suaranya yang terdengar seperti bunyi ‘eeeh’ yang dalam.

4. Gerah, panas, serta gatal
Napas serta suara tangisan yang terputus atau terdengar singkat seringkali menandakan Si Kecil sedang tidak nyaman dengan kondisinya saat itu. Coba periksa kemungkinan popoknya yang basah atau keringat di bagian tengkuk/lehernya ya, Mams.

5. Ingin buang angin
Tanda utama saat Si Kecil mengalami kembung perut dan ingin buang angin adalah rengekannya terdengar seperti ia sedang akan bersendawa dan menangis pada saat yang bersamaan.

infant cries
Kini, dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, Mamas bahkan dapat mengenali berbagai tanda & alasan mengapa Si Kecil menangis melalui apps, lho! Infant Crying Translator adalah salah satunya. Aplikasi yang dikembangkan oleh para peneliti di Taiwan ini dapat merekam suara bayi secara terpisah dan menganalisis frekuensi tangisannya. Menurut review dan petunjuk penggunaannya, aplikasi ini dinyatakan dapat mengenali alasan /bahasa tangisan bayi dalam wakti 10 detik saja. Apakah ia sedang lapar, kesakitan, mengantuk atau tidak nyaman karena gatal/keringat. Wah, solusi digitalnya pun cukup membantu ya, Mams. Ada yang sudah pernah mencoba keampuhan aplikasi ini? Share pendapat Anda melalui kolom komentar di bawah ini, ya! (Nathalie Indry /KR /Photo:Istock photo.com)

Shares