Style

Ketahui Hal Berikut Sebelum Membeli Sampo Untuk Si Bayi

By  | 

Menjadi Mamas baru merupakan kebahagiaan tak terkira. Anda tentunya belum memiliki banyak pengalaman dalam mengurus bayi, dan bingung menentukan produk yang aman. Bukan hanya urusan menyusui dan peralatan bayi, urusan memandikannya juga wajib dipahami. Langkah pertama yang tak boleh dilewatkan adalah membeli sampo dan sabun yang aman untuk kulit bayi.

Kulit bayi yang baru lahir cenderung masih sensitif sehingga tidak sembarang produk aman. Jangan sampai, kulit bayi mengalami iritasi. Anda harus cermat dan teliti dalam menentukan sampo serta sabun mana yang baik. Periksalah label ingredients yang terdapat pada kemasan. Berikut ini kami berikan tip cara memilih sabun dan sampo untuk kulit bayi.

Memilih Sabun

Anda bisa memilih jenis sabun cair ataupun padat. Jenis mana pun yang dipilih, perhatikan kandungannya. Hindari bahan kimia, seperti phenol, glycol, formaldehyde, ammonia, citrus, dan peppermint karena dapat menyebabkan iritasi pada kulit bayi. Selain itu, untuk menjaga kelembapan kulit bayi, pilih sabun ber-pH aman mulai dari 5,5 sampai dengan 6,5. Kulit si bayi akan lebih lembut dengan bahan alami, yaitu olive oil, palm oil, dan coconut oil.

Memilih Shampoo

  • Perawatan kulit kepala dan rambut yang tepat bagi bayi ialah keramas. Kulit bayi dan balita berbeda secara fungsi (fisiologis). Kelenjar keringat dan kelenjar minyak bayi belum sempurna, ditambah kulit masih tipis sehingga sering sensitif. Begitu pun dengan rambut.
  • Shampoo yang bagus tidak hanya membuat rambut bayi lembut dan mudah disisir, tetapi juga membersihkan minyak dan sisik di kulit kepala. Sekadar berjaga-jaga, untuk menghindari perih sebaiknya pilih sampo yang tidak perih di mata alias bebas sabun dan SLS-free.
  • Sampo bayi umumnya bening dan tidak berbau tajam. Umumnya mengandung senyawa detergen buatan, 60% mengandung air, dan sisanya bahan-bahan lain. Detergen dalam sampo bayi bersifat lunak dan tidak perih di mata. Perhatikan bahwa meskipun detergen ini tidak perih di mata, kandungan detergen batas aman adalah 35% karena bayi belum memiliki refleks kedip sempurna. Namun, Anda  harus tetap mewaspadai bahan tak aman, seperti formaldehida dan dioxane. Sekali lagi, cermati label ingredients yang terdapat pada kemasan sebelum membeli.Di luar sana ada beberapa produk bayi yang dapat dicermati. Jika Anda tak sempat berkunjung ke supermarket, sempatkanlah browsing produk di supermarket online. Ada banyak items dalam kategori perlengkapan bayi yang akan mengefisiensikan waktu Anda berbelanja untuk Si buah hati. (Yosi Avianti/Photo : Istocphoto.com)

 

Shares