Parenting

Tip Agar Anak Berani Tidur Sendiri

By  | 

Bagi Si Kecil yang sudah terbiasa tidur bersama orangtuanya, pastinya akan sulit untuk mulai mengajarinya agar mau tidur sendiri di kamarnya. Membiasakan agar anak mau tidur sendiri di kamarnya memang perlu waktu dan tidak selalu mudah, Mams. Rasa takut, tidak nyaman dan aman, bisa membuatnya enggan tidur terpisah dari orang tuanya.

Walau begitu, Anda tetap harus melatih anak agar ia mau tidur sendiri. Dan Anda sudah bisa memulainya sejak Si Kecil berusia 3 tahun. Ini berguna untuk membentuk kemandirian Si Kecil.
Berikut ini merupakan beberapa hal yang bisa Anda dan suami lakukan untuk melatihnya agar mau tidur sendiri:

  • Rutinitas sebelum tidur. Biasakan untuk melakukan rutinitas sebelum tidur bersamanya. Seperti misalnya, mengajaknya menggosok gigi sebelum tidur, kemudian membacakan dongeng di kamarnya, berdoa sebelum tidur, atau mengecup kening Si Kecil sambil mengucapkan selamat tidur.
  • Dekor kamarnya semenarik mungkin. Libatkan ia saat Anda mendekor kamar tidurnya. Lengkapi dengan akseori dan pelengkap kamar tidur dengan karakter atau tema yang ia sukai. Seperti misalnya karakter Disney atau yang lainnya.

Menemani tidur

  • Temani tidur. Pertama kali masuk ke kamarnya sendiri, mungkin ia akan merasa asing dan tak nyaman. Karena itu, Anda bisa menemaninya tidur di awal-awal hari. Setelah ia mulai merasa nyaman dan berani, maka Anda pun bisa mulai meninggalkannya tidur di kamarnya sendiri.
  • Jadikan kamar Si Kecil sebagai area pribadinya. Letakkan semua barang anak di kamarnya. Seperti mainan, hingga perlengkapan sekolahnya. Jadi, ia akan banyak menghabiskan banyak waktunya di kamar, lama kelamaan ia akan merasa nyaman di kamarnya sendiri, bahkan mau tidur sendiri di kamarnya.
  • Buat target. Sebagai mama, Anda juga bisa membuat target sampai kapan ia harus mau tidur sendiri. Menerapkan sistem reward juga boleh kok, Mamas. Contohnya, bila satu malam ia mau tidur sendiri, maka Anda akan menghadiahinya dengan sesuatu yang ia idamkan sejak lama. (Tammy Febriani/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares