Beauty & Style

Tip Memilih Bra Saat Menyusui

By  | 

ASI adalah makanan terbaik yang dibutuhkan oleh bayi.  Namun, Anda harus menjaga segala hal yang mendukung kelancaran menyusui, salah satunya adalah memilih bra yang tepat selama menyusui.

Menggunakan bra menyusui memiliki banyak manfaat, seperti dapat memberikan rasa nyaman  dan dapat memudahkan  saat akan memberikan ASI. Memilih bra pun tak bisa sembarangan, ada beberapa hal yang perlu Mamas perhatikan, seperti tip berikut,

1. Hindari bra kawat
Penggunaan bra kawat selama menyusui sebaiknya dihindari. Bra kawat dapat membuat aliran darah di payudara menjadi terganggu. Hal itu dikarenakan, produksi aliran ASI terletak pada payudara hingga ke belakang tulang rusuk. Jadi penggunaan bra kawat dapat mengganggu aliran produksi ASI tersebut.

2. 100% katun
Tak hanya pada baju, bra pun dianjurkan untuk menggunakan bahan katun. Selain nyaman karena menyerap keringat, bra bahan katun juga dapat membuat kulit payudara bernafas dan tetap kering, sehingga mampu mencegah pertumbuhan bakteri pada payudara. Anda juga bisa menjaga higienitas payudara dengan menggunakan breast pad sekali pakai atau breast pad yang bisa dicuci. Breast pad juga akan mencegah ASI bocor sehingga bra menyusui tetap kering meski produksi ASI melimpah.

3. Memilih sesuai bentuk payudara dan kait depan
Pilihlah bra yang memiliki pengait di depan, sehingga dapat memudahkan Anda saat akan memberikan ASI kepada Si Kecil. Selain itu, tak lupa untuk memilih bra yang sesuai dengan bentuk payudara, agar mampu menutupi payudara Ibu dengan sempurna.

4. Bra khusus menyusui
Bra menyusui  didesain khusus untuk menyangga payudara yang berisi ASI. Tak hanya itu, bra menyusui juga umumnya memiliki celah yang dapat mengeluarkan payudara tanpa harus membuka pengait. Sehingga memudahkan saat memberikan ASI kepada Si Kecil. Belilah minimal tiga bra khusus menyusui untuk dipakai agar Ibu tak terlalu sering mencuci bra dan menghindari bra cepat rusak. (Yosi Avianti/Photo : Istockphoto.com)

Shares