Health

5 Persiapan Menyusui Kala Hamil

By  | 

Pada dasarnya, setiap mama memiliki kemampuan untuk menyusui secara natural. Namun tak ada salahnya Anda mempersiapkan diri secara fisik maupun mental agar nantinya proses menyusi yang harus Anda lalui lebih lancar. Yuk simak 5 persiapan berikut.

  • Gali informasi. Kebanyakan calon mama terlalu fokus pada proses persalinan dan kerap melupakan step selanjutnya yakni menyusui. Ada baiknya Anda mempelajari keduanya karena tepat setelah kelahiran Si Bayi yang harus Anda lakukan adalah memberi ASI. Oleh karena itu, gali info sebanyak mungkin termasuk kendala menyusui agar nantinya Anda sudah memahami cara mengatasinya.
  • Asupan sehat. Saat hamil Anda memang sudah diwajibkan untuk makan sehat. Namun asupan untuk menyusui lebih spesifik misalnya daun katuk atau kacang-kacangan. Nah Anda dapat mulai mengonsumsi makanan penambah ASI sejak hamil lho, Mams.
  • Pelajari kebutuhan saat menyusui. Yang satu ini memang wajib dipersiapkan agar paska kelahiran bayi nanti Anda tidak perlu terburu-buru membeli peralatan menyusui maupun memerah ASi bagi Anda mama bekerja (Baca: 6 Senjata Memerah ASI di Kantor).

Happy pregnant woman with her friends relaxing at home

  • Diskusi sesama mama. Coba Anda bertanya pada saudara juga teman yang memiliki pengalaman menyusui. Anda tidak harus bertanya pada mama yang bisa menyusui, mama yang tidak menyusui juga punya alasan tersendiri sehingga Anda dapat mempelajari kendala dan hambatan menyusui dari mereka dan mencari jalan keluar agar terhindar dari kendala tersebut.
  • Komunikasi dengan rumah sakit dan lingkungan. Sebagian besar rumah sakit memang sudah menerapkan program Inisiasi Menyusui Dini (IMD). Namun tak ada salahnya Anda mengkomunikasikan bahwa Anda menginginkan ASI eksklusif bagi bayi Anda. Hal ini juga wajib Anda komunikasikan pada lingkungan keluarga agar nantinya Anda tidak stres menampung berbagai masukan atau opini yang tidak sesuai dengan keyakinan Anda.
    Good luck Mams to be! (Karmenita Ridwan/Photo: Istock.com)

Shares