Interior Design

Kelebihan Meja Dapur Kayu yang Perlu Anda Tahu

By  | 

Tahukah Anda Mams, selain menggunakan granit atau marmer, Anda juga bisa menggunakan butcher block sebagai meja dapur Anda? Ya, Butcher block adalah meja dapur yang terbuat dari blok laminating kayu yang tak hanya indah dilihat, tetapi juga memiliki beberapa kelebihan lainnya, seperti:

  • Terjangkau. Dibandingkan dengan harga marmer atau granit, meja kayu cenderung lebih terjangkau. Meski demikian, harganya tetap bervariasi, tergantung pada jenis kayu yang dipakai, ketebalan, konstruksi, dan lapisan akhirnya. Akan lebih hemat, jika suami Anda memiliki keahlian untuk membuat meja sendiri.
  • Mudah untuk dipasang. Saat pemasangan, lempengan batu tergolong mudah rapuh dan membutuhkan tenaga yang memang ahli dalam memasang. Sementara, balok kayu lebih mudah untuk dipasang.
  • Menambah kehangatan. Dilihat dari segi tampilan dan warna, dapur kayu terlihat lebih hangat dibandingkan dengan meja dapur dari granit ataupun marmer. Selain itu, meja butcher block juga terlihat lebih nyaman dan klasik.

1111

  • Bersih. Penelitian menunjukkan bahwa talenan yang terbuat dari kayu sebenarnya lebih bersih daripada yang terbuat dari plastik. Jadi secara logika, countertops dari kayu juga terjamin kebersihannya. Mengingat butcher block telah digunakan dengan aman selama bertahun-tahun, maka kekhawatiran tentang bakteri yang masih hidup tampaknya tidak terbukti. Meski demikian, membersihkan semua permukaan sebelum dan setelah menyiapkan makanan juga tetap disarankan untuk menghindari kontaminasi.
  • Lembut. Permukaan kayu lebih lembut daripada marmer ataupun granit, sehingga saat Anda menjatuhkan gelas berisi air pada permukaan batu, maka pecahannya berantakan kemana-mana. Berbeda bila jatuh pada permukaan kayu, mungkin Anda hanya perlu melap bagian permukaan yang terkena tumpahan air. Karena lebih lembut, maka bisa dibilang meja dapur kayu ini lebih ramah untuk piring dan gelas Anda. Otomatis, risiko pecah akan lebih kecil.
  • Perawatan yang tak sulit. Meja dapur kayu tak sulit perawatannya, cukup diminyaki setahun sekali. Anda bisa menggunakan patina yang kaya akan minyak untuk perawatannya.
  • Tahan lama. Bila terawat dengan baik, meja dapur kayu ini tahan lebih lama. Tidak seperti marmer yang rapuh, meja kayu juga lebih mudah dibersihkan dari noda. Bahkan jika Anda tidak terganggu dengan bekas goresan akibat potongan pisau, Anda dapat langsung memotong bahan makanan tepat di atasnya.
  • Mudah diperbaiki. Kelebihan lain dari meja dapur kayu adalah mudah diperbaiki. Cukup hanya melakukan pengamplasan dan refinishing, meja kayu bisa tampak seperti baru lagi. (Tammy Febriani/YA/Photo:  Istockphoto, Dok. Popsugar)

Shares