Health

Bila Si Calon Mama tak Suka Susu

By  | 

Tak semua calon mama suka minum susu. Padahal, nutrisi yang terdapat di dalam susu, sangat baik untuk kehamilan. Walau tak diwajibkan, namun calon mama tetap dianjurkan untuk minum susu dua kali dalam sehari, guna memenuhi kebutuhan kalsium. Kalsium ini berguna untuk mendukung pertumbuhan tulang dan otak janin.

Selain itu, kandungan asam folat, AA dan DHA, pada susu yang diperuntukkan bagi calon mama, biasanya juga diberi tambahan (fortifikasi) ekstra kalsium, vitamin C, B6, B1, yodium, tapi dikurangi kadar lemak serta kolesterolnya, sesuai dengan yang dibutuhkan oleh Si Calon Mama dan janinnya.

Namun bila Anda memang tak menyukai susu, jangan khawatir Mamas. Anda bisa menggantinya dengan beberapa asupan berikut ini:

  • Sumber makanan yang mengandung kalsium. Anda bisa mendapatkannya dari daging ayam, ikan, sarden beserta tulangnya, bayam, dan yoghurt.
  • Sedangkan asupan asam folat dapat dipenuhi dari mengonsumsi makanan yang terbuat dari kacang kacangan, sayuran hijau seperti brokoli, pepaya, alpukat, dll.
  • Dan tak hanya bayi saja, Anda juga dapat berjemur di pagi hari selama 20 menit untuk membantu mencukupi kebutuhan vitamin D. Ingin lebih sehat lagi? Anda bisa melakukannya sambil jalan pagi. (Tammy Febriani/KR/Photo: Istockphoto.com

Shares