Recipe

Resep : Churros Untuk Camilan Si Kecil

By  | 

Churros, seringkali di sebut dengan donat a la Spanyol, merupakan makanan ringan/snack sejenis pastry yang digoreng, terbuat dari adonan dasar choux. Choux sendiri merupakan adonan pastry ringan yang umum digunakan untuk membuat kue sus a la Indonesia, profiteroles, eclairs, beignets, atau crullers. Churros biasanya disantap saat sarapan pagi dengan dicelupkan pada minuman coklat panas yang kental. Juga cocok untuk camilan Si Kecil di sore hari, Mams. Yuk, kita coba membuatnya.

 

Bahan:
– 250 ml air (bisa diganti susu cair)
– 113  gram mentega/margarine
– 180 gram tepung terigu protein tinggi, bisa menggunakan tepung terigu serba guna
– 1/2 sendok teh garam
– 4 butir telur
Topping:
– susu kental manis coklat
– gula bubuk
Cara membuat:
  1. Siapkan loyang datar yang biasa anda gunakan untuk memanggang kue kering, atau bisa juga menggunakan nampan plastik/mika. Taburi permukaannya dengan sedikit tepung, ratakan. Sisihkan.
  2. Siapkan plastik segitiga (pipping bag) dan spuit kue bentuk bintang dengan ukuran besar, masukkan spuit ke dalam plastik. Kita memerlukannya untuk mencetak adonan. Jika anda tidak memiliki plastik segitiga dan spuit, bisa menggunakan kantung plastik biasa. Sisihkan.
  3. Ayak tepung terigu yang akan anda gunakan.
  4. Siapkan panci, masukkan air, mentega dan garam, masak hingga mendidih kemudian kecilkan api hingga hanya muncul letupan dan gelembung kecil dan masak sambil diaduk hingga mentega larut. Matikan api kompor.
  5. Masukkan tepung dan aduk dengan spatula dengan cepat hingga adonan menggumpal. Hidupkan kompor, set dengan api kecil, aduk terus adonan hingga terbentuk gumpalan yang smooth dan kalis, tandanya adonan tidak menempel di dasar panci.
  6. Tuangkan adonan ke mangkuk mikser, kocok dengan kecepatan rendah untuk membuang semua uap air yang terperangkap di dalam adonan. Anda juga bisa melakukannya secara manual dengan menggunakan spatula, aduk dengan cepat hingga uap air hilang.
  7. Pastikan telur dikocok hingga merata sebelum anda menambahkan telur berikutnya. Terus kocok dengan kecepatan rendah hingga adonan terlihat halus. Adonan yang terbentuk sangat lengket.
  8. Masukkan adonan ke dalam plastik segitiga yang telah kita siapkan, dorong adonan menggunakan spatula atau punggung pisau hingga adonan masuk. Jika anda menggunakan kantung plastik biasa, masukkan adonan ke kantung dan potong salah satu ujung kantung dengan lebar sesuai dengan ukuran kue yang anda inginkan.
  9. Semprotkan adonan ke loyang yang telah ditaburi dengan tepung, bisa berbentuk panjang atau bulat lonjong, bentuknya disesuaikan dengan kratifitas anda. Tentu saja bentuk lurus  paling mudah dilakukan. Lakukan hingga adonan habis.
  10. Masukkan loyang berisi adonan ke dalam freezer, bekukan adonan selama 2 jam. Sebenarnya adonan bisa langsung anda semprotkan ke wajan berisi minyak panas dan langsung digoreng, hanya saja biasanya bentuknya menjadi kurang cantik, dengan membekukannya sebentar di freezer membuat churros menjadi keras dan kala digoreng tetap mempertahankan bentuknya. Lepaskan churros dari loyang dengan cara mencongkel salah satu ujung/sisinya dengan pisau.
  11. Siapkan wajan anti lengket, isi dengan minyak agak banyak dan panaskan. Pastikan minyak benar-benar panas. Goreng churros dengan api sedang hingga coklat keemasan. Jangan memasukkan banyak-banyak adonan churros ke wajan karena saat digoreng churros akan mekar. Angkat dan tiriskan di wadah beralas tissue dapur.
  12. Tata churros di piring, santap dengan taburan gula bubuk atau siraman coklat leleh diatasnya. Saya menggunakan susu coklat kental manis karena praktis dan mudah. Yummy!
Adonan churros yang sudah beku juga bisa anda simpan di freezer dalam plastik rapat dan goreng saat akan disantap.

Shares