Finance

Cara Cerdas Menggunakan Kartu Kredit

By  | 

Bagi Anda pemegang kartu kredit, tentunya harus menggunakan dengan bijaksana ya, Mamas. Jangan sampai karena tergiur banyaknya promo, tagihan Anda jadi melonjak tinggi. Untuk menghindari hal tersebut, berikut ini merupakan beberapa trik cerdas menggunakan kartu kredit yang dapat Anda lakukan.

1. Limit Kartu.
Tanpa Anda sadari, sebenarnya limit kartu kredit yang tinggi membuat hasrat belanja Anda juga semakin tinggi. Karena itu, sebaiknya sesuaikan limit kartu dengan gaji Anda agar nantinya tidak menyulitkan Anda.

2. Tentukan batas pemakaian.
Gunakan kartu kredit sesuai dengan kebutuhan, bukan berdasarkan keinginan. Batasi pemakaian kartu kredit setidaknya maksimal 30% hingga 40% dari pendapatan Anda tiap bulannya ya, Mams.



3. Maksimalkan penggunaan.

Jika Anda berniat memiliki kartu kredit lebih dari satu, maka buatlah dengan penerbit yang berbeda, seperti misalnya Mastercard dan Visa. Hal ini bertujuan agar Anda bisa memaksimalkan penggunaan kartu tersebut dengan kelebihan masing-masing yang dimiliki.

4. Biasakan cash.
Untuk pembelian seperti belanja bulanan atau makan di restoran, biasakan melakukan pembayaran secara tunai atau debit. Kartu kredit sebaiknya dipergunakan untuk hal-hal darurat atau untuk pembelian barang dengan promo yang dikeluarkan oleh bank penerbit seperti cicilan 0%, dan sebagainya. (Tammy Febriani/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares