Beauty & Style

6 Rahasia Tea Tree Oil Untuk Kecantikan 

By  | 

Begitu banyak manfaat tea tree oil  dalam berbagai penelitian kesehatan untuk membunuh banyak bakteri, virus, dan jamur. Biasanya penggunaan tea tree oil  adalah untuk membuat produk pembersih, penyemprot udara di ruangan untuk membunuh jamur, sebagai obat topikal untuk menyembuhkan masalah kulit, dan dikonsumsi secara internal untuk mengobati infeksi virus.

Saat ini, tea tree oil semakin populer dan banyak digunakan sebagai bahan aktif tambahan dalam berbagai produk kosmetik, termasuk pembersih muka, sampo, minyak pijat, krim kuku, krim untuk tubuh, dan deterjen. Sifat alami tea tree oil sebagai antiseptik dan anti-inflamasi, membuatnya menjadi salah satu minyak esensial yang wajib Anda punya di rumah.

Berikut adalah beberapa manfaat dan kegunaan tea tree oil untuk kecantikan.

1. Tea Tree Oil untuk Jerawat
Salah satu manfaat dan penggunaan yang paling umum dari tea tree oil saat ini dalam produk perawatan kulit adalah untuk mengobati jerawat. Hasil studi menemukan bahwa tea tree oil sama efektifnya dengan benzoil peroksida untuk mengobati jerawat, namun tidak menimbulkan efek samping negatif seperti kulit menjadi merah, kering, atau mengelupas. Anda dapat membuat sendiri di rumah pembersih wajah yang lembut untuk mengobati jerawat dengan mencampur lima tetes minyak esensial tea tree murni dengan dua sendok teh madu mentah. Cukup oleskan dan gosok lembut pada wajah, biarkan selama satu menit, kemudian bilas hingga bersih.

2. Tea Tree Oil untuk Rambut
Tea tree oil telah terbukti sangat bermanfaat untuk kesehatan rambut dan kulit kepala.Seperti halnya minyak kelapa untuk rambut, tea tree oil juga memiliki kemampuan untuk menenangkan kulit kepala yang kering, menghilangkan ketombe, bahkan dapat digunakan untuk mengatasi kutu rambut.Untuk membuat sampo sendiri di rumah dengan tea tree oil, Anda bisa mencampurkan beberapa tetes tea tree oil, gel lidah buaya, santan, dan minyak esensial lain seperti minyak lavender.

3. Tea Tree Oil untuk Psoriasis dan Eksim
Tea tree oil (minyak pohon teh) dapat membantu meringankan semua jenis peradangan kulit, termasuk untuk pengobatan eksim dan untuk mengurangi psoriasis secara alami. Cukup campurkan satu sendok teh minyak kelapa, lima tetes tea tree oil, dan lima tetes minyak lavender untuk membuat tea tree oil lotion untuk mengobati eksim.
4. Tea Tree Oil untuk Jamur Kuku dan Kurap
Karena kemampuannya dalam membunuh parasit dan infeksi jamur, tea tree oil adalah pilihan tepat untuk digunakan untuk mengobati jamur kuku, masalah kaki, dan kurap. Teteskan tea tree oil murni pada daerah yang terkena infeksi jamur atau kurap menggunakan kapas bersih. Untuk masalah jamur yang membandel, pertimbangkan mencampur tea tree oil dengan minyak oregano sebagai anti-jamur alami. Tea tree oil juga telah terbukti bermanfaat untuk mengobati dan menghilangkan kutil, sehingga hanya menempatkan tea tree oil langsung di daerah yang terkena kutil selama 1-2 kali sehari selama 30 hari.

5. Tea Tree Oil sebagai Deodoran
Manfaat lain dari tea tree oil adalah untuk menghilangkan bau badan. Tea tree oil memiliki sifat antimikroba yang bisa membunuh bakteri pada kulit yang menyebabkan bau badan.Anda dapat membuat buatan sendiri deodoran dari tea tree oil. Bahan-bahan yang diperlukan adalah tea tree oil, minyak kelapa, dan baking soda.

6. Pasta Gigi Tea Tree Oil untuk Kesehatan Gigi dan Mulut
Karena kemampuannya yang dapat membunuh bakteri jahat sekaligus menenangkan peradangan pada kulit, menjadikan tea tree oil sebagai bahan yang sempurna untuk pasta gigi dan obat kumur buatan sendiri.Tea tree oil telah menunjukkan hasil yang positif untuk mengurangi perdarahan gusi dan kerusakan gigi. Cukup campurkan tea tree oil, minyak kelapa, dan baking soda untuk membuat pasta gigi yang mampu menjaga kesehatan gigi dan mulut. (Yosi Avianti/Photo : Various)

Shares