Beauty & Style

Q & A : Perawatan Rambut Yang Boleh Dilakukan Saat Hamil

By  | 

Q : Dear Smart Mama, saat ini saya tengah bingung dalam masalah perawatan rambut, terlebih saat tengah hamil seperti ini. Ada beberapa sumber yang menyatakan tidak boleh melakukan beberapa treatment karena takut berefek terhadap janin. Mohon sarannya dari Smart Mama. Terima kasih. Alya, 30 tahun.

 

A : Hai Mamas Alya, Meski tengah berbadan dua, Anda wajib tampil fresh setiap saat. Begitu juga dengan perawatan rambut Anda harus tetap jaga kebersihannya. Betikut tip dari Smart Mama.

Pilih shampo. Disarankan untuk memilih shampo dengan  formula ringan dan tidak keras. Dikhawatirkan, bahan kimia yang terkandung pada produk perawatan rambut dapat mempengaruhi kehamilan. Shampo untuk rambut berketombe biasanya punya formula yang cukup keras, sehingga lebih baik Anda mengonsultasikannya dengan dokter apakah aman jika digunakan.

Mewarnai rambut? Hampir semua dokter kandungan menyarankan untuk berhenti melakukan pewarnaan rambut, pelurusan rambut atau aplikasi rambut lainnya, terutama pada usia kandungan trimester pertama. Ya, ini untuk menjaga janin yang tengah berkembang dan lebih baik tidak diracuni oleh bahan-bahan kimia yang mungkin saja berbahaya.

Kurangi produk beraroma. Produk perawatan rambut yang aromanya kuat sebenarnya tidak mengganggu kesehatan bumil. Hanya saja, pada trimester pertama biasanya bumil lebih sensitif penciumannya. Dan biasanya jika mencium aroma yang terlalu wangi dapat memicu mual yang berlebihan. Disarankan mencari produk perawatan rambut yang berbahan alami dan tidak terlalu banyak menggunakan pewangi.

Bolehkah creambath? Boleh-boleh saja, Mamas tobe. Untuk meyakinkan diri agar lebih aman, baiknya Anda meminta salon menggunakan bahan-bahan alami saja. Misalnya campuran alpukat yang dihancurkan dengan minyak zaitun untuk merawat kesuburan rambut. (Yosi Avianti/Photo : Istockphoto.com)

Shares