Health

Yuk, Perhatikan Kesehatan Payudara Anda!

By  | 

Faktanya, 1 dari 8 orang berisiko mengidap kanker payudara – penyakit pembunuh wanita nomor 1 di Indonesia. Meskipun aktivitas menyusui dikatakan dapat mengurangi risiko ini, tetapi tindakan preventif seperti Sadari (Periksa payudara sendiri), pemeriksaan klinis payudara oleh dokter hingga mammogram tetap perlu dilakukan karena pengurangan risiko yang dimaksud tidak mencapai 100%. Secara umum, kondisi yang terjadi pada kanker payudara terbagi menjadi empat stadium (I – IV), mulai dari ukuran kanker sekitar 2 cm dan hanya ditemukan pada payudara hingga menyebar ke bagian tubuh yang lain. Lalu, bagaimana bila saat melakukan pemeriksaan mamas dinyatakan positif mengidap kanker payudara? Hal apa yang pertama kali harus dilakukan?

IMG_8865 (1)

Bergabung dengan support group breast cancer survivors & warriors seperti Lovepink Indonesia dapat membantu Anda mengenali lebih jauh tentang penyakit ini serta berbagi pengalaman dengan sesama penderita. Didirikan sejak tahun 2010 oleh dua orang sahabat survivor kanker payudara, Shanti Persada dan Madelina Mutia, komunitas ini telah menjadi rumah bagi 500 member dan berhasil mengedukasi sedikitnya 14.000 wanita untuk melakukan deteksi dini kanker payudara melalui berbagai aktivitas edukasi. Sementara itu, Love Pink Care Center yang bertempat di Jakarta Selatan didirikan khusus sebagai  rumah berkumpulnya para cancer survivor untuk saling memberikan support melalui sesi sharing, self healing, konsultasi bersama psikolog, memasak menu sehat hingga kelas seni yang diadakan setiap minggunya untuk mendukung tujuan utama Love Pink Indonesia: Memberikan edukasi akan pentingnya deteksi dini kanker payudara.

IMG_8803

Menyambut Breast Cancer Awareness Month yang jatuh pada bulan Oktober mendatang, Love Pink mengajak mamas dan keluarga, baiksurvivor maupun warrior untuk mengikuti social event bertajuk ‘Jakarta Goes Pink’ 2016 melalui berbagai aktivitas, seperti lomba lari Charity Run 5K, 10K dan Run for Pledge bersama beberapa survivor kanker payudara dari Love Pink serta selebriti. Bertempat di Altira Business Park, Sunter, Jakarta Utara, JGP 2016 juga akan mensosialisasikan aktivitas Sadari, road show edukasi, serta menyediakan breast screening on venue melalui mobil layanan USG dan pemeriksaan kesehatan payudara. Ditemui di Love Pink Care Center pada 30 Juni 2016 lalu, Samantha Barbara – Ketua Love Pink Indonesia dan Dede Gracia – Ketua Panitia JGP 2016 mengungkapkan harapannya untuk dapat memberikan support dan rangkaian sosialisasi edukasi kepada seluruh wanita di Indonesia, khususnya di Jakarta. Kunjungi website Jakarta Goes Pink 2016 untuk informasi & pendaftaran. Lets join the movement! 

Lokasi Love Pink Care Center:
Jl. Ahmad Dahlan No. 45, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Visit website www.lovepinkindonesia.org

(Nathalie Indry/KR/Photo: Istockphoto, dok. Love Pink Indonesia)

Shares