Education

7 Efek Positif Bermain Game Pada Si Kecil

By  | 

Belakangan ini, banyak riset yang menunjukkan adanya dampak negatif  bermain game khususnya pada Si Kecil, baik itu di komputer,  atau pun berbagai perangkat gadget. Tentunya hal ini membuat banyak orang tua menjadi khawatir dan was-was.

Tapi, Mamas Anda sebenarnya tidak perlu terlalu khawatir. Pasalnya, dengan pengaturan waktu bermain serta pengawasan yang tepat, ada beberapa keuntungan yang bisa  didapat Si Kecil  dari bermain video game.  Antara lain :

1. Aktivitas Fisik
Ada banyak video game di pasaran yang dalam pengoperasiannya memerlukan beberapa jenis aktivitas fisik. Apakah itu menari atau bermain gitar. Di sinilah dibutuhkan kecerdikan Anda  untuk memilih jenis game yang dapat memaksa mereka untuk bergerak ketimbang harus duduk di sofa sepanjang hari.

2. Koordinasi mata dan tangan
Bermain video game sebenarnya dapat meningkatkan ketangkasan Si Kecil, Mams. Ada banyak jenis olahraga yang dapat dilakukan untuk meningkatkan koordinasi antara tangan dan mata, tetapi hal itu kurang menarik keinginan anak-anak untuk mencobanya. Tetapi jika dilakukan sambil bermain games, Si Kecil pasti akan tertarik.

3. Keterampilan sosial
Kurangnya keterampilan sosial dan kemampuan untuk berinteraksi dengan orang lain bisa merusak perkembangan anak dan bahkan menyebabkan depresi. Anak-anak yang pemalu dan kurang percaya diri ketika bersosialisasi dengan teman mereka mungkin akan lebih mudah membuka diri saat bermain video game. Dengan bermain game online, anak-anak dapat berinteraksi dengan banyak orang, bahkan orang yang tidak mereka kenal.

4. Peningkatan kemampuan belajar
Banyak permainan yang bisa mendorong Si Kecil untuk menjadi sabar dan kreatif dalam memecahkan sebuah teka-teki sebelum mereka dapat maju ke tahap berikutnya.

5. Sportivitas 
Sportivitas  adalah nilai yang umum dikembangkan dalam olahraga dan organisasi. Game secara tidak langsung memberi pelajaran, terutama saat bersaing satu sama lain.

6. Kerja tim
Kerjasama membangun team work kuat juga berpengaruh saat bermain games. Beberapa game online misalnya, yang membutuhkan sebuah kerjasama tim untuk mencapai kemenangan.

7. Membuat orang senang
Salah satu efek terbesar dari bermain game adalah membuat orang bahagia.  Biarkan Si Kecil bermain game sesering mungkin, tapi jangan lupa mengingatkan mereka untuk berhenti. Pastikan pula anak Anda tetap melakukan aktivitas di lingkungan sosial, ya Mams. (Yosi Avianti/Photo : Istockphoto.com)

Shares