Mind

Smart Mama Story: “Bersyukur Merasakan Pengalaman Menjadi Seorang Mama”

By  | 

“I am proud of many things in life but nothing beats being a mother.” – Unknown. 

Begitu banyak pembelajaran terbaik yang kita dapatkan saat menjalani peran sebagai seorang mama. Kami menyadari bahwa melahirkan dan membesarkan anak – anak bukanlah perkara mudah; dibutuhkan kesabaran dan kebesaran hati untuk dapat menjadi contoh yang positif. Bagi Leta Musdiono, mama dari Brandon (5th) dan Alexandra (2 th), motherhood is the ultimate blessing. Keberadaan merekalah selama ini yang mengajarkan arti kebahagiaan sesungguhnya. Yuk, manfaatkan lebaran sebagai once in a lifetime moment untuk refleksi diri, Mams.

leta isi

My child: The Center of My Happiness

Kini saya mengerti maksud ungkapan ‘money can’t buy happiness’. Setelah menjadi seorang mama, definisi kebahagiaan tergambarkan menjadi lebih jelas – kebahagiaan dan kesehatan mereka, anak – anak saya.

Pengalaman terbaik selama menjadi seorang mama?

Bangga sekali saat melihat keberhasilan anak – anak meraih prestasi, misalnya saat Brandon sudah mulai berpuasa tahun ini atau milestone Alexandra setiap bulannya. Sedikit banyak saya berhasil mengajarkan mereka tentang konsep hidup. Karena tidak mudah, saya memaknai setiap keberhasilan dengan terus bersyukur. Being a mother has taught me that i really am powerful beyond measure. 

Wah, Brandon sudah mulai belajar berpuasa, ya. Lalu, bagaimana mereka memaknai bulan ramadan dan hari raya Idul Fitri?

Iya, Brandon sudah mulai mengenal momen puasa dan sahur. Di bulan puasa ini, saya dan suami mengajarkan mereka tentang konsep berbagi, saling peduli dan rasa syukur; lalu saling memaafkan di hari raya Idul Fitri yang momennya datang satu tahun sekali. Mereka antusias sekali, lho. Saya jadi lebih semangat untuk mengajarkan mereka lebih banyak lagi. Usia 5 tahun pas kok untuk mengenalkan konsep agama, mereka lebih mengerti dan bisa memahami penjelasan kita.

Arti momen Lebaran sebagai seorang Mama?

I am not a perfect mother. Ternyata, sungguh tidak mudah menjalani peran sebagai seorang mama dan business woman sekaligus. Memaknai kebahagiaan melalui cara – cara sederhana adalah hal yang membuat saya merasa ‘hidup kembali’. Ternyata, hidup ini sesederhana melihat anak – anak tumbuh sehat lahir dan batin. Saya belajar banyak dari mereka; i’ll do the best i can.

Mama Leta sudah mengungkapkan sharing learning momennya saat menjadi seorang mama. Kami yakin Anda punya cerita menarik yang juga bisa dibagi bersama mama lain untuk saling menginspirasi. Selamat merayakan kemenangan di hari yang fitri, Mamas! (Nathalie Indry/KR/Photo: Dok. Leta Musdiono)

Shares