Interior Design

6 Trik Agar Kamar Si Kecil Selalu Rapi

By  | 

Memiliki kamar anak yang selalu rapi memang nyatis mustahil. Pasalnya, di usia balita, Si Kecil sedang gemar-gemarnya mengeksplor berbagai macam barang yang ada di sekitarnya. Belum lagi jika ia mengundang teman untuk playdate, dijamin seluruh mainan dan barang-barang lain sudah keluar dari tempat seharusnya. Tetapi jangan khawatir, Mams, enam trik berikut akan membantu Anda untuk menjaga kamar Si Kecil tetap rapi.

1. A home for everything. Yes Mams, saat pertama kali membuat kamar bagi Si Kecil ada baiknya Anda sudah memetakan kebutuhan storage. Mulai dari space untuk pakaian dan aksesori, mainan hingga buku-buku miliknya. Dengan begitu berbagai kebutuhan tersebut memang sudah memiliki tempat tersendiri sehingga mudah dirapikan.
2. Sebaiknya terapkan desain kamar yang simpel. The simpler the better, simpan dulu keinginan Anda untuk membuat kamar anak yang unik dengan tema tertentu hingga ia agak besar nanti. Anda masih dapat menerapkan beberapa tema dalam kamar Si Kecil namun jangan sampai kamarnya terlalu ramai dan penuh. Hal tersebut akan menyebabkan kamar anak sulit untuk dirapikan.
3. Warna basic. Warna dasar atau basic cenderung tampak bersih dan rapi. Pilih warna-warna dasar seperti putih atau krem agar kamar Si Kecil senantiasa bersih juga rapi.
4. Sediakan space kosong. Hal ini guna memberi kesan lebih luas dan rapi pada kamar anak. Selain itu tersedianya space kosong akan memudahkan Anda jika Si Kecil membutuhkan space tambahan.
5. Sediakan tempat berkreasi. Penambahan papan atau dinding hitam di salah satu sisi kamar juga dapat menjadi alternatif lho, Mams. Hal ini guna memberikan ruang baginya untuk berekspresi, sehingga ia tidak mencoret atau menggambar di sembarang tempat.
6. Sortir barang-barang Si Kecil sebulan sekali. Meskipun Anda sudah mendesain kamar anak sedemikian rupa agar seluruh barangnya terorganisir dengan baik, namun penumpukan barang akan tetap membuat kamarnya tampak berantakan. Oleh karena itu, setidaknya satu bulan sekali Anda harus menyortir mana barang yang masih diperlukan dan yang tidak.

Mams, selain lima trik di atas, ada baiknya Anda mengajarkan Si Kecil untuk merapikan kamarnya sendiri. Hal ini sangat membantu meringankan tugas Anda lho. Si Kecil juga belajar bertanggung jawab sejak dini. (Karmenita Ridwan/Photo: Istockphoto.com)

Shares