Health

Yang Harus Dibawa Calon Mama Saat Mudik

By  | 

Walau sedang hamil, bukan berarti Anda tak bisa mudik. Selama kandungan Anda sehat, maka tak ada halangan bagi Anda untuk melakukan perjalanan. Selain berkonsutasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan, beberapa hal juga harus Anda persiapkan demi kenyamanan, keamanan, dan kesehatan Anda beserta janin di dalam kandungan. Berikut ini merupakan beberapa item yang sebaiknya Anda sediakan kala mudik.

Minuman.

Hand holding a bottle of water. Isolated on white background. XXXL

  • Air mineral. Jangan sampai Anda mengalami dehidrasi ya, Mams to be. Sediakan air mineral yang cukup selama perjalanan. Air mineral ini sangat penting bagi calon mama, guna melancarkan peredaran darah keseluruh tubuh. Oksigen yang terkandung dalam air mineral, akan membantu supply oksigen ke otak, bagian tubuh yang paling banyak membutuhkan oksigen. Supply oksigen yang cukup, akan membuat bumil lebih segar, dan tidak mudah pusing.
  • Jus buah. Selain air mineral, selagi memang memungkinkan, Anda juga bisa mengonsumsi jus buah. Jus buah ini dapat membantu mengurangi rasa mual yang kerap dialami bumil di awal kehamilannya. Vitamin yang terkandung dalam buah selain menyehatkan juga akan membuat Anda merasa lebih segar. 

Makanan.

  • Crackers. Pengaruh hormon kala hamil membuat Anda mudah merasa mual. Hal ini terjadi karena adanya peningkatan hormon estrogen di dalam tubuh yang juga dapat memicu meningkatnya asam lambung dan menimbulkan rasa mual. Agar terhindar dari kondisi ini selama mudik, Anda bisa membawa crackers. Konsumsi crackers s secara berkala ya, Mamas.
  • Buah. Bawa buah-buahan seperti apel hijau, pisang, atau jeruk. Buah-buahan tersebut dapat mengurangi rasa mual yang Anda rasakan.
  • Permen. Menyediakan permen rasa jahe di dalam tas Anda juga bisa  dilakukan. Saat Anda merasa mual atau pusing, permen jahe dapat membantu membuat Anda nyaman.

Vitamin dan obat-obatan

  • Mengonsumsi vitamin atau suplemen lainnya sesuai anjuran dokter juga sangat disarankan. Vitamin ini akan membuat tubuh lebih fit selama dalam perjalanan mudik.
  • Menyediakan obat-obatan selama perjalanan juga cukup penting. Namun lagi-lagi harus sesuai anjuran dokter Anda ya, Mamas.

Pakaian.

  • Ekstra pantiesKetika hamil, pengaruh hormon juga memengaruhi organ kewanitaan Anda. Biasanya vagina akan terasa lebih basah dibandingkan ketika kondisi tidak hamil. Karena itu, sebelum bepergian, gunakan pantyliner atau siapkan celana dalam pengganti. Namun karena terlalu sering menggunakan pantyliner, juga tidak baik, maka Smart Mama menyarankan Anda untuk sering mengganti celana dalam.
  • Belly belt, atau penyangga perut dan bantal kecil juga bisa Anda gunakan untuk menambah kenyamanan Anda. Penggunaan belly belt ini juga dapat meminimalisir guncangan selama dalam perjalanan.
  • Pakaian berbahan katun. Mengingat calon mama mudah berkeringat, maka pilih pakaian yang tipis dan menyerap keringat seperti katun misalnya. Pilih juga yang modelnya simpel dan tidak membuat Anda repot selama dalam perjalanan. (Tammy Febriani/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares