Health

Tip Memberi MPASI Selama Libur Lebaran

By  | 

Membawa serta bayi yang sudah bisa diberikan Makanan Pendamping ASI (MPASI) untuk liburan lebaran ada kuncinya, Mamas. Yaitu, harus ringkas. Jika biasanya menerapkan MPASI rumahan yang menggunakan banyak peralatan, tetapi  berhubung sedang liburan, maka Anda tidak perlu direpotkan dengan alat pembuat MPASI yang banyak dan besar.Anda

Lebih dulu yang harus Anda pikirkan tentu saja jadwal pergi, berapa hari di tempat liburan, menginap di mana dan rencana aktivitas. Berikut, tip memberikan MPASI selama libur lebaran sehingga tidak perlu membawa alat terlalu banyak.

1. Bawa alat secukupnya
Alat wajib yang harus dibawa adalah mangkuk, sendok, sippy cup, saringan, slabber dan blue ice. Untuk yang masih berusia 7 bulan, maka MPASI yang disiapkan masih dalam bentuk pure. Blue ice bisa digunakan untuk membawa MPASI beku dari rumah, dan dipakai saat di perjalanan. Jangan lupa membawa pasangan blue ice, yaitu cooler box. Asalkan ditutup rapat, MPASI yang dibekukan bisa bertahan hingga 4-5 jam.

2. Menyiapkan MPASI beku
Anda bisa membuat terlebih dulu dirumah kemudian digunakan selama perjalanan. Jadi, masaknya pun tidak banyak, tergantung lamanya perjalanan. Saat akan dimakan, panaskan dulu dengan merendamnya dalam air panas. Beberapa bahan makanan yang boleh dibekukan antara lain wortel, brokoli, kacang merah, apel, pir, mangga. Selain makanan beku, anak yang sudah bisa mengonsumsi finger food, Anda bisa membawakan sayuran seperti buncis, kentang atau brokoli rebus. Saat waktu makan tiba, anak bisa makan sendiri.

3. Membawa buah-buahan segar
Buah segar bisa digunakan saat tiba di tempat tujuan. Berbekal saringan, setelah buah dihaluskan, bisa langsung disaring, ditambah susu dan sajikan. Buah-buahan segar yang yang bisa dibawa antara lain pisang, alpukat, jeruk, dan apel.

4. Manfaatkan online shop
Kali ini bukan untuk belanja baju atau sepatu, tapi untuk mencari penjual homemade baby food yang mulai banyak tersedia di beberapa kota di Indonesia. Anda bisa memanfaatkan informasi penjualan online untuk mencari makanan bagi bayi Anda.

5. Manfaatkan makanan hotel
Selama Anda berlibur di hotel, Anda bisa memanfaatkan apa yang disediakan oleh pihak hotel. Misalnya dengan menyeduh oatmeal, sebagai sumber karbohidrat, lalu tabur keju parut. Untuk lauknya, Anda bisa meminta pihak hotel membuatkan scramble egg dari kuning telurnya saja. Jangan lupa untuk memesannya tanpa tambahan garam.

6. Makanan siap saji
Untuk kondisi paling akhir, pada akhirnya Anda bisa melirik kepada makanan siap saji. Anda bisa pilih makanan siap saji dalam bentukpure yang bisa disimpan di suhu ruang dan bisa langsung disuapin ke anak. (Yosi Avianti/Photo : Istockphoto.com)

Shares