Parenting

Panduan Membuat Mainan DIY

By  | 

Mams, seperti yang kita tahu, bermain pada masa golden age (1-5 tahun) merupakan cara paling efektif untuk mengajarkan berbagai keterampilan penting pada anak. Nah, menyediakan waktu mendampingi mereka melakukan aktivitas ini juga sama pentingnya, lho. Interaksi yang terjalin antara kita dan Si Kecil dapat mengoptimalkan manfaat bermain, mulai dari seni berkomunikasi sampai aktivitas motorik.

cover buku

Kini, Anda dan Si Kecil dapat melakukan aktivitas bermain yang menyenangkan bersama – sama melalui sebuah buku kreasi mainan yang menarik, Catatan Mainan DIY Anak. Diluncurkan secara resmi pada hari minggu 26 Juni 2016 dalam sebuah acara playdate bersama orangtua & anak di Jakarta, buku yang ditulis oleh Virginia Tanumiharjo, Fenny Masudah, Husna Ika Putri Sari, Anies Anggara & Stella Sutjiadi ini dapat menjadi panduan bagi anak untuk aktif membuat 50 mainan sederhana dari barang – barang layak pakai yang dapat ditemukan di sekitar rumah, termasuk tip pemberian aktivitas untuk anak berkebutuhan khusus.

isi dalam 1
Virginia, mama dari Alex (4,5 th) yang pernah berpengalaman selama 10 tahun menjadi Early childhood and Primary School & Early Intervention Teacher di Indonesia dan Australia, menjelaskan bahwa maksud penyusunan buku ini juga sebagai reminder kepada kita, para orangtua untuk kembali menyadari arti penting ‘kehadiran’ dalam keseharian aktivitas bermain anak, “Definisi ‘menemani’ tidak sama dengan ikut aktif bermain dan mendampingi, lho. Jika dilakukan secara terus – menerus, aktivitas ini dapat membangun kepercayaan dan menjadi sumber informasi utama untuk mengoptimalkan stimulasi selanjutnya. Jadi, jangan segan – segan meluangkan waktu untuk ikut aktif menemaninya bermain ya, Mams. Karena bermain merupakan kebutuhan dasar mereka yang akan memberi pengalaman belajar dengan cara menyenangkan.”

Menariknya lagi, buku ini juga dilengkapi dengan informasi tahap tumbuh kembang sesuai usia & tutorial template gambar untuk Si Kecil yang mudah untuk diikuti. Slowly but sure, pastikan Anda ikut ambil bagian dalam aktivitas bermain yang akan mengedukasi anak – anak untuk menjadi pribadi yang kreatif, ya. Untuk keterangan lebih lanjut mengenai buku dan ketersediaannya, mamas dapat menghubungi tim penulis melalui email [email protected]. Selamat bermain! (Nathalie Indry/KR/Photo: Istockphoto, dok. Tim Catatan Main DIY)

Shares