Finance

Menghadapi Harga Melonjak Jelang Lebaran

By  | 

Harga-harga menjelang lebaran sudah bisa dipastikan melonjak sangat tinggi, ya Mamas? Sehingga Anda sebagai ibu rumah tangga yang bertugas mengelola keungan keluarga dibuat pusing dengan kondisi ini. Jangan panik dulu, Mamas, beberapa cara dari Smart Mama berikut bisa jadi trik untuk menghadapi harga yang melonjak ini.

    • Jeli dengan promo. Bila sebelumnya kita tidak terlalu mengikuti promo-promo yang dibuat oleh pusat perbelanjaan, kini waktunya Anda untuk lebih jeli dengan promo yang ada. Asal Anda tetap harus bijak ya, Mamas, belanja lah barang-barang yang memang diperlukan saja.
    • Cari barang pengganti. Terkadang bila kita sudah menyukai suatu produk tertentu, kita akan terus berkelanjutan menggunakannya. Dalam kondisi seperti ini, ada baiknya Anda mengganti produk favorit Anda dengan produk lain yang harganya lebih murah, namun kualitasnya tak berbeda jauh. Seperti misalnya, mengganti merk beras yang biasa Anda beli dengan yang lebih murah namun rasanya masih tetap enak. Atau mengganti merk popok sekali pakai Si Kecil dengan merk lain yang kulaitasnya juga hampir sama namun harganya lebih rendah dari merk popok yang biasa Anda beli. Tanpa terasa, pengeluaran Anda berkurang lho, Mamas. Dan Anda dapat tetap berhemat.
    • Ubah kebiasaan. Harga yang melonjak tinggi memang mau tidak mau memaksa Anda untuk mengubah kebiasaan hidup. Mulai dengan cara yang sederhana saja, seperti misalnya, acara keluarga yang selalu dilakukan setiap weekend, mungkin bisa dikurangi menjadi dua kali seminggu dan menggantinya dengan aktivitas lain yang bisa dilakukan di rumah. Kebiasaan makan di restoran juga bisa Anda kurangi dengan memasak sendiri di rumah.
    • Kurangi pengeluaran tersier. Coba deh Mamas, cek kembali pengeluaran rumah tangga Anda setiap bulan. Dari semua pengeluaran tersebut, bagi menjadi tiga kelompok, yaitu pengeluaran primer, sekunder, dan tersier. Menghadapi melonjaknya harga-harga, ada baiknya Anda memotong pengeluaran tersier yang tidak terlalu penting. Seperti misalnya penggunaan TV berlangganan yang tadinya ada 2 account, menjadi satu saja. Dengan begitu, kondisi keuangan Anda tetap aman terkendali bukan, Mamas.
    • Lebih teliti dengan pengeluaran. Dengan membuat catatan pengeluaran setiap bulan, Anda dapat mengetahui barang atau kebiasaan apa saja yang bisa Anda hemat. (Tammy Febriani/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares