Health

Aturan Mengemudi Bagi Calon Mama

By  | 

Beberapa mamas masih aktif mengendarai mobil saat berbadan dua dengan berbagai alasan. Contohnya harus menjemput anak dari sekolah atau terpaksa mengemudi ke tempat kerja lantaran tidak memiliki supir dan jarak kantornya berjauhan dengan suami. Sebenarnya amankah mengendarai mobil kala hamil? Dan bagaimana aturannya? Simak yuk, Mams.

Amankah Mengemudi Kala Hamil?

Yes Mams, selama kehamilan Anda dinyatakan normal dan bebas dari komplikasi maka tidak masalah bagi Anda untuk mengemudikan mobil. Namun jika jarak tempat yang Anda tuju cukup jauh, luangkan waktu sejenak untuk berisitirahat di sela perjalanan. Hal ini dilakukan untuk menghindari rasa tegang yang kerap dialami saat berkendara. Anda dapat aktif mengemudi sejak awal kehamilan hingga sudah merasa tidak nyaman lagi. Kebanyakan calon mama sudah merasa kesulitan mengemudi saat usia kehamilan memasuki 30 minggu akibat perut yang sudah kian membesar.

Aturan Mengemudi untuk Calon Mama

Agar aktivitas mengemudi Anda nyaman dan lancar juga aman, perhatikan aturan berikut ya, Mams.

  • Gunakan seat belt. Yang satu ini memang sangat penting guna menghindari cedera jika Anda berhenti secara mendadak. Namun perhatikan caranya ya, Mams. Kenakan salah satu belt di atas payudara denga posisi menyilang, sementara belt lain digunakan di bagian bawah perut agar tidak menekan perut Anda yang sudah mulai membuncit.
  • Pastikan kondisi mobil Anda dalam keadaan baik. Sebelum menggunakan mobil, ada baiknya Anda meminta suami untuk cek kondisi mobil tersebut. Pasalnya, jika ada sesuatu yang terjadi di tengah jalan, misalnya mogok atau ban Anda bocor, akan sulit bagi Anda untuk mencari bantuan apalagi ikut memperbaiki. Simpan nomor telepon mekanik langganan di smart phone Anda ya, Mams.
  • Gunakan bantal nyaman untuk menyangga punggung. Mengendarai mobil dapat menyebabkan Anda merasa pegal dan nyeri pada bagian pinggang dan punggung. Bantal nyaman akan membantu mengurangi rasa pegal.
  • Sediakan camilan. Wanita hamil kerap merasa lapar, Anda tidak akan pernah tahu apa yang terjadi di tengah jalan, seperti macet yang berkepanjangan. Menyediakan camilan dapat menjadi solusi agar perut Anda tidak kosong.
  • Nyalakan lagu favorit. Hal ini akan membuat Anda merasa lebih relaks dan tidak tegang saat berkendara.
  • Hindari perjalanan jauh. Sebisanya hindari mengemudi dengan jarak yang jauh. Selain menyebabkan kelelahan, otot pada tubuh akan lebih tegang. Stay safe, Mams! (Karmenita Ridwan/Photo: Istockphoto.com)

 

Shares