Health

Yang Harus Dilakukan Jika Terkena Zika Virus

By  | 

Mamas, baru-baru ini pemerintah Australia mengeluarkan travel warning bagi warganya untuk berkunjung ke Indonesia karena ditemukannya kasus zika virus. Namun hal tersebut segera dibantah oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, pasalnya warga Blitar yang didiagnosa mengidap penyakit tersebut berada di Taiwan. Meski demikian penyakit yang disebabkan oleh nyamuk aedes aegypti tersebut tetap harus diwaspadai lho. Apalagi bagi Anda yang kerap melakukan traveling. Nah jika Anda atau kerabat sudah terlanjur terkena penyakit yang disebabkan oleh nyamuk aedes aegypti ini, berikut hal yang harus Anda ketahui dan lakukan.

  • Belum ada obat dan vaksinnya. Yes Mamas, penyakit yang satu ini memang belum ada obat serta vaksin pencegahannya. Oleh sebab itu, sebisanya Anda harus melakukan tindakan preventif.
  • Bisa sembuh sendiri. Sama dengan virus lainnya, pada dasarnya penyakit yang satu ini dapat sembuh dengan sendirinya setelah melalui masa kritis.
  • Konsumsi paracetamol dan obat sakit kepala. Agar demam yang Anda rasakan segera mereda, sebaiknya konsumsi paracetamol secara teratur. Zika virus juga kerap membuat penderitanya mengalami sakit kepala yang cukup berat, sehingga Anda membutuhkan pereda sakit kepala.
  • Istirahat yang cukup. Hal ini sangat penting agar tubuh Anda segera recovery, untuk sementara waktu tentu saja Anda tidak diperkenankan beraktivitas di luar rumah. Sebaiknya, Anda bed rest dan alihkan tugas rumah tangga pada asisten rumah tangga atau bantuan lain.
  • Perbanyak minum air putih. Yang satu ini juga sangat ampuh untuk proses pemulihan, oleh karena itu minum air putih lebih banyak dari biasanya ya, Mams, yakni sekitar 10 gelas setiap harinya.
  • Hindari gigitan nyamuk. Meskipun Anda sudah terkena penyakit ini, Anda tetap harus menghindari gigitan nyamuk. Pasalnya, virus zika dapat bertahan lama dalam darah penderita, jika ada nyamuk yang menggigit Anda, maka ia akan segera menyebarkan penyakit ini melalui gigitan kepada orang lain. (Karmenita Ridwan/Photo: Istockphoto.com)

Shares