Health

8 Makanan yang Mengandung Protein Super Tinggi

By  | 

Mamas, mungkin Anda sudah mengetahui kandungan makanan yang berprotein tinggi. Protein biasanya terkandung dalam telur dan daging-daging hewan. Salah satu manfaatnya adalah, membantu melawan penyakit, mengatur daya tahan tubuh, dan menambah stamina dan energi. Berikut, adalah 8 pilihan makanan yang mengandung protein tinggi yang bisa Anda berikan pada Si Kecil.

Daging. 

Daging sangat diperlukan dalam masa pertumbuhan karena mengandung tinggi protein. Anda bisa pilih daging sapi atau daging kambing. Dalam 100 gram daging sapi mengandung 14 gram protein sedangkan dalam 100 gram daging kambing terdapat 27 gram kandungan protein, selain protein daging kambing juga mengandung nutrisi penting lainnya seperti zat besi, vitamin B12, fosfor dan selenium.

Ayam tanpa kulit. 
Daging ayam kaya akan kandungan protein hewani. Untuk penyajiannya usahakan  tidak digoreng karena akan mengandung banyak lemak. Anda bisa membuatnya menjadi sup dengan ditambah sayur-sayuran segar.
Putih Telur. 
Protein dalam telur memiliki kualitas yang sangat tinggi karena asam amino esensial yang dimilikinya hampir ideal untuk memenuhi kebutuhan tubuh Anda. Satu telur berukuran besar mengandung sekitar  6.3 gram protein hewani, 3.6 gram protein dalam putih dan 2.7 gram protein dalam kuning telur.
Susu. 
Secangkir susu menyediakan 8 gram protein. Selain protein susu juga menyediakan kalsium yang cukup tinggi. kalsium merupakan jenis mineral penting untuk mempertahankan kepadatan tulang. Anda dapat menyajikan segelas susu pada saat Si Kecil sarapan dengan ditambahkan keju rendah lemak dan buah stroberi untuk camilan sehat yang tinggi protein.
Ikan laut. 
Berbagai jenis Ikan menyediakan protein hewani yang berkualitas tinggi. Satu porsi 3 ons ikan tuna mengandung 22 gram protein, sedangkan ikan salmon mengandung 19 gram protein dalam 3 ons. Jenis Ikan laut umumnya mengandung asam lemak omega-3 yang sangat baik untuk kesehatan jantung.
Tahu. 
Makanan yang satu ini mungkin sudah tak asing lagi ya, Mams. Tahu merupakan makanan khas indonesia yang hampir selalu ada di menu sehari-hari kita. Tahu mengandung protein cukup baik per 4 ons tahu mengandung sekitar 10 gram protein. Harganya pun relatif lebih murah sebagai makanan alternatif pengganti protein hewani.
Jamur.
Selain rasanya yang lezat jamur diketahui juga memiliki kandungan protein yang cukup tinggi. Jamur mengandung aneka mineral penting seperti besi, selenium, kalium, fosfor, riboflavin, asam pantotenat, tembaga, dan seng.  Anda dapat mengolahnya menjadi berbagai macam makanan seperti sup jamur atau tumis jamur yang pasti disukai Si Kecil.
Ikan lele.
Ikan yang satu ini merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang mengandung tinggi protein. Dalam satu porsi ikan lele, mengandung setidaknya 15,6 gram protein yang dapat memenuhi kebutuhan asam amino yang dibutuhkan tubuh Anda. (Yosi Avianti/ Photo : Istockphoto.com)

Shares