Health

Mengenal Lebih Jauh Seputar Gentle Birth

By  | 

Beberapa waktu yang lalu penyanyi B3, Widi Mulia memilih untuk melahirkan anak ketiganya dengan cara gentle birth di Klinik Bumi Sehat, milik Bidan Robin yang berada di Pulau Bali. Baru-baru ini, aktris Ayudia Bing Slamet juga melahirkan anak pertamanya dengan cara yang sama dan di tempat yang sama. Sebenarnya seperti apa sih metode melahirkan gentle birth tersebut? Apa bedanya dengan proses persalinan di rumah sakit, dan apa saja syaratnya? Yuk simak pembahasan Smart Mama berikut.

Apa itu Gentle Birth?

Metode gentle birth adalah konsep di mana seorang mama dapat melahirkan dimana saja tanpa perlu ke rumah sakit maupun bantuan tim medis, sehingga seorang mama mungkin sama melahirkan di rumah, di kolam renang atau di tempat lain sesuai dengan keinginan orangtua. Anda tentu bertanya-tanya ya, Mams, kok bisa? Pada dasarnya, proses persalinan memang proses yang natural ya, Mams, oleh sebab itu bisa terjadi dimana saja. Namun tentu saja perlu persiapan khusus secara mental, yakni calon mama harus relaks dan tidak panik. Ia harus terus berpikir positif, selain itu ada juga beberapa persiapan lain seperti pijat di area vagina, olahraga teratur, serta konsumsi menu tertentu. Dengan tetap tenang serta santai diharapkan dapat mereduksi rasa sakit kala melahirkan, dan melahirkan dengan cara ini

Pilihan Melahirkan dengan Gentle Birth

Gentle birth sendiri terdiri dari berbagai alternatif cara melahirkan yang dapat dipilih sesuai keinginan Anda dan pasangan.

  1. Water birth. Dewasa ini banyak calon mama yang memilih bersalin dengan cara ini, pasalnya, konon air hangat yang digunakan untuk membantu proses persalinan dapat mengurangi rasa sakit kala melahirkan.
  2. Home birth. Melahirkan di rumah sendiri dipercaya dapat memberikan kenyamanan yang lebih tinggi pada Si Calon Mama. Di rumah Anda akan dikelilingi oleh orang-orang tercinta yang dapat mendukung Anda.
  3. Hypnobirthing. Melahirkan dengan cara yang satu ini membutuhkan persiapan mental sejak masa kehamilan. Calon mama diajak untuk memperoleh gambaran visual yang positif mengenai proses persalinan. Anda juga harus rajin meditasi guna mendapatkan relaksasi yang maksimal. Saat persalinan tiba, diharapkan Anda sangat tenang sehingga tidak terlalu merasa sakit.

Syarat Gentle Birth

  1. Tidak memiliki komplikasi. Gentle birth dapat dilakukan jika kehamilan Anda dinyatakan normal tanpa adanya komplikasi. Pasalnya, kelahiran dengan cara ini tidak menggunakan alat medis yang lengkap sehingga tidak dapat mengatasi jika terjadi komplikasi.
  2. Bayi yang Anda kandung hanya satu atau tidak kembar. Yes Mams, kehamilan kembar cenderung berisiko lebih tinggi sehingga ada baiknya Anda melahirkan di rumah sakit biasa. Jika terjadi sesuatu petugas medis dapat langsung menangani Anda dan Si Kecil.
  3. Dukungan dari pasangan. Support dari pasangan sangat penting bagi Anda yang ingin melahirkan dengan cara senatural mungkin. Ia harus mengetahui dengan pasti apa yang akan dihadapi saat Anda menjalani proses persalinan nantinya, karena ia yang akan membantu Anda juga menyambut kala bayi Anda lahir. (Karmenita Ridwan/Photo: Istockphoto.com)

Shares