Health

Makanan Wajib Konsumsi Selama Puasa

By  | 

Selain tidak merugikan para calon mama, ibadah puasa dapat memberikan manfaat positif bagi Anda yang memiliki rutinitas padat lho, Mams. Beberapa penelitian bahkan mengungkap bahwa puasa juga dapat berfungsi untuk menetralisir racun dalam tubuh melalui proses detoksifikasi. Nah, untuk melengkapi manfaat yang bisa kita dapatkan selama berpuasa, berikut adalah kelompok makanan yang wajib dikonsumsi saat berbuka dan sahur.

Saat sahur:

1. Beras, gandum & oat. Makanan yang kaya akan karbohidrat kompleks ini akan membantu Anda memberikan cadangan energi lebih untuk disimpan tubuh selama waktu berpuasa.

2. Daging ayam tanpa kulit, ikan, yogurt, susu rendah lemak. Sumber proteinnya akan diolah menjadi sumber energi utama setelah cadangan karbohidrat habis digunakan.

3. Kurma dan pisang. Dua buah ini yang paling disarankan untuk dikonsumsi saat sahur karena kaya akan kandungan gula glukosa, yaitu berkisar antara 75–87%. Gula glukosa adalah jenis gula yang dapat dengan cepat diserap oleh organ pencernaan sehingga dapat diolah kembali menjadi pasokan energi. Sementara pisang dapat membantu menyeimbangkan kadar air dalam tubuh untuk mencegah dehidrasi.

Saat berbuka puasa:
1. Roti, salad atau makanan ringan. Saat puasa, organ pencernaan tubuh beristirahat selama lebih dari 12 jam. Maka dari itu, diperlukan penyesuaian dengan jenis makanan ringan terlebih dahulu. Pilihan roti atau buah akan membantu mengganti energi serta cairan yang hilang dalam tubuh.

2. Menu sayuran segar seperti bayam. Yang perlu Anda perhatikan adalah menghindari asupan makanan bersantan dan berbumbu tajam untuk menghindari naiknya asam lambung secara tiba – tiba.

3. Madu. Sama seperti kurma, kandungan gula glukosa pada madu dapat dengan cepat mengganti energi tubuh yang hilang, sementara vitamin dan kalsiumnya akan membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Sempatkan waktu bagi tubuh untuk mempersiapkan diri menerima asupan makanan yang lebih berat, sekitar 30 – 40 menit setelah waktu berbuka puasa tiba ya, Mamas. Stay healthy!

Shares