Relationship

Jaga Kebahagiaan Pernikahan dengan Cara Ini

By  | 

Bagi banyak pasangan yang telah menikah, jatuh cinta dan menikah merupakan bagian termudah dalam hidup mereka. Justru menjaga kehidupan bersama pasangan agar selalu bahagia lah yang merupakan tantangan terbesar dalam pernikahan. Bagaimana dengan Anda Mamas? Berikut ini beberapa hal yang bisa Anda dan suami lakukan untuk menjaga agar hubungan tetap langgeng, tak mudah bertengkar dan menjaga pernikahan terus bahagia.

  1. Saling berbagi. Terutama berbagi apapun yang Anda rasakan. Tak akan ada yang sejalan bila tak dikomunikasikan.
  2. Apapun hal buruk yang terjadi dalam pernikahan Anda, ingatlah, bahwa itu akan berlalu.
  3. Menjaga keintiman. Saling bersentuhan, berciuman di pagi hari, dan rutin bercinta, akan menjaga keintiman Anda bersama suami.
  4. Anak-anak yang sedang super aktif memang bisa membuat Anda dan suami stres, namun ingatlah bahwa masa-masa ini akan berlalu.
  5. Lupakan masalah kecil dan fokus hanya pada masalah yang besar. Tak perlu Anda mempermasalahkan siapa yang lupa mematikan keran air di dapur. Masih banyak masalah besar yang lebih pantas dipermasalahkan daripada sekedar masalah keran air.
  6. Penuhi lemari pendingin Anda dengan makanan dan minuman kesukaannya. Hal yang mudah untuk dilakukan dan bisa membuatnya happy bukan, Mams?
  7. Sisihkan waktu untuk melakukan hal yang Anda sukai, yang membuat Anda bahagia dan mengembalikan energi Anda. Minta juga ia melakukan hal yang sama. Pernikahan yang langgeng dan bahagia hanya dapat terwujud bila Anda dan suami sama-sama bahagia.
  8. Hindari gerakan tutup mulut saat sedang kesal. Bicarakan apa yang mengganggu Anda secepat mungkin. Jangan sampai Anda terus menyimpan rasa kesal Anda hingga akhirnya menumpuk dan kemudian meledak. Cara ini akan membuat Anda semakin mudah melepaskan rasa emosi daripada menunggunya sampai meledak.
  9. Beri penilaian pada hal-hal yang Anda inginkan dan sukai. Minta pasangan melakukan hal yang sama. Dari situ Anda dan suami akan lebih mengetahui apa yang masing-masing pasangan sukai dan lebih bisa menghargai kegemaran masing-masing. Misalnya Anda suka menghabiskan weekend di luar rumah, sedangkan pasangan lebih suka bersantai di rumah, Anda dan pasangan bisa menjadwalkan minggu ini di rumah, dan minggu depan berlibur bersama keluarga.
  10. Saling menghargai. Anda dan suami dibesarkan dengan cara dan mungkin adat yang berbeda. Perbedaan kebiasaan inilah yang kerap memicu pertengkaran. Jadi daripada saling bertengkar untuk masalah ini, lebih baik Anda lebih sabar dan menghargai kebiasaan-kebiasaan yang memang berasal dari keluarga suami.
  11. Surprise! Walau telah menikah, kejutan-kejutan kecil juga harus tetap ada. Tak hanya di hari ulang tahunnya saja, Anda bisa saja tiba-tiba menghadiahinya dompet yang sudah ia idamkan tanpa harus menunggu hari ulang tahunnya yang masih beberapa bulan lagi.
  12. Dating. Setidaknya 2 minggu sekali Anda harus meluangkan waktu untuk bekencan dengan suami layaknya pacaran dulu. Makan malam berdua, nonton bioskop, dan lainnya bisa Anda lakukan bersama.
  13. Tetap perhatian. Walau Anda telah disibukkan dengan pekerjaan rumah tangga, anak, karir dan sebagainya, perhatian Anda terhadap suami jangan sampai terlupakan ya, Mamas. Menyediakan sarapan, menyiapkan pakaian kerja suami, atau menanyakannya sudah makan siang atau belum adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menunjukkan kalau Anda masih punya perhatian untuknya.
  14. Saling mendukung. Saat susah maupun senang, dukungan dari pasangan merupakan hal terbaik yang bisa Anda dapatkan dari pernikahan. Mendengarkan keluh kesah pasangan dan membantunya mencari solusi atas masalah yang ada, atau sekedar memeluknya adalah bentuk dukungan yang bisa Anda lakukan untuk pasangan.
  15. Saling percaya. Hal ini sangat penting dalam pernikahan lho, Mamas. Pernikahan Anda akan semakin kuat dengan adanya rasa saling percaya di antara Anda dan pasangan. (Tammy Febriani/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares