Health

5 Hal yang Harus Dilakukan Saat Mengetahui Kehamilan

By  | 

Begitu mengetahui kalau Anda positif hamil, tentu rasanya senang sekali ya, Mams to be. Namun jangan sampai kebahagiaan yang Anda rasakan ini malah membuat Anda jadi melupakan beberapa hal yang seharusnya jadi hal utama untuk dilakukan. Apa saja hal-hal tersebut? Simak di bawah ini ya, Mamas to be.

1. Ketahui due date.

Selain mengetahui status kehamilan, mengetahui kapan hari perkiraan lahir bayi di dalam kandungan juga penting lho Mamas to be. Coba ingat kembali kapan haid terakhir Anda. Dengan begitu, Anda bisa menghitung sendiri usia kandungan serta perkiraan tanggal kelahirannya. Anda bisa menghitungnya melalui beberapa aplikasi yang bisa Anda download melalui smartphone Anda, atau menghitungnya dengan rumus Neagle berikut ini:
Untuk mempermudah, Anda bisa menghitungnya dari Hari Pertama Haid Terakhir(HPHT).

(Hari+7), (Bulan-3), (Tahun + 1)

Misalnya: HPHT 17 Juni 2016
Maka perkiraan tanggal persalinan adalah 24 Maret 2017

2. Cerdas memilih bidan atau dokter kandungan.

Memilih bidan atau dokter kandungan yang cocok memang tak mudah. Referensi dari teman, lokasi praktik, dan biaya persalinan patut jadi bahan pertimbangan. Tak hanya itu, Anda juga harus merasa ‘sreg’ dengan metode pemeriksaan dan bagaimana mereka mengedukasi Anda tentang kehamilan.

3. Rutin kontrol kehamilan.

Selama hamil, Anda disarankan untuk memeriksakan kehamilan setidaknya sebanyak tiga kali. Namun akan lebih baik lagi bila Anda bisa rutin memeriksakan kehamilan sesuai dengan anjuran WHO, yaitu setiap 4 minggu sekali dari saat pemeriksaan kehamilan pertama kali hingga usia kehamilan 28 minggu. Lalu setiap 2 minggu sekali dari usia kehamilan 28-36 minggu, dan setiap satu minggu sekali dari usia kehamilan 36 minggu hingga waktunya melahirkan.

4. Perhatikan kesehatan.

Menjaga asupan makanan dan tetap berolahraga adalah hal yang penting. Penuhi kebutuhan nutrisi  Anda dan tetaplah aktif selama hamil.

5. Hati-hati dengan obat.

Tak hanya asupan makanan saja yang patut jadi perhatian Anda. Obat-obatan dan suplemen yang masuk ke dalam tubuh Anda juga harus dijaga. Saat Anda sakit, maka obat yang Anda konsumsi harus sesuai dengan anjuran dokter kandungan ya, mamas to be. Karena, obat yang Anda konsumsi ini dapat berpindah dari Anda ke janin melalui plasenta. Plasenta merupakan jalan masuk nutrisi ke dalam tubuh janin guna membantu tumbuh kembangnya. Bila sampai tercemar obat-obatan yang berbahaya, maka perkembangan janin dapat terganggu. (Tammy Febriani/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares