Health

Cara Mudah Menggunting Kuku Bayi

By  | 

Menjaga kebersihan tubuh bayi dan lingkungan sekitarnya sangat penting demi kesehatannya. Termasuk salah satunya dengan menjaga kebersihan kuku bayi dan mengguntingnya secara berkala. Memang sih, menggunting kuku bayi terbilang gampang-gampang susah ya, Mamas? Selain kuku-kukunya yang masih sangat kecil, ia pun juga tak selalu bisa diam. Ikuti trik dari Smart Mama berikut, agar dapat memotong kuku bayi dengan mudah dan aman!

  1. Gunakan gunting kuku khusus bayi. Bukan berarti Anda tak bisa menggunting kuku bayi dengan gunting kuku yang biasa Anda gunakan, Mamas. Namun,agar lebih aman dan tidak mudah mencederai kuku bayi yang mungil, sebaiknya Anda menggunakan gunting kuku khusus untuk bayi. Gunting kuku ini akan lebih memudahkan Anda saat menggunting kukunya, karena bentuknya yang melengkung.
  2. Pencahayaan cukup. Kukunya yang masih mungil membutuhkan kecermatan Anda saat mengguntingnya. Karena itu, pencahayaan yang cukup juga akan sangat membantu Anda. Saran Smart Mama, sebaiknya Anda menggunting kuku bayi di pagi atau siang hari untuk mendapatkan pencahayaan yang maksimal. Pencahayaan yang kurang, selain akan menyulitkan Anda saat akan menggunting kukunya, juga dapat membahayakan bayi Anda. Seperti risiko memotong kukunya terlalu pendek, atau membuat kulit di area sekitar kuku terluka karena gunting kuku.
  3. Lakukan sesudah mandi atau saat ia tertidur. Sebaiknya Anda menggunting kuku bayi setelah mandi.Karena, setelah mandi kuku bayi akan lebih lunak akibat terkena air, sehingga lebih mudah digunting. Mamas juga bisa menggunting kukunya saat ia tidur. Jadi bayi tidak akan banyak bergerak banyak saat Anda menggunting kukunya.
  4. Bersihkan kuku. Bersihkan kotoran yang terselip di kukunya dengan menggunakan cotton bud atau kapas yang telah dibasahi dengan air.
  5. Haluskan kukunya. Usai menggunting semua kukunya, haluskan bekas kuku yang baru Anda gunting dengan alat kikir. Lakukan secara perlahan hingga kukunya halus. Kuku yang tajam dapat melukai kulitnya yang lembut.
  6. Gunting kuku bayi secara rutin. Karena kuku bayi cepat tumbuh, maka setidaknya Anda harus memotong kuku bayi seminggu dua kali. Kukunya yang terlalu panjang selain memungkinkan kotoran mudah terselip, juga bisa melukai wajahnya sendiri. (Tammy Febriani/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares