Health

Waspadai Penyakit Diabetes pada Wanita

By  | 
Rutinitas yang padat dalam keseharian Anda sebagai seorang mama seringkali menjadi alasan terabaikannya gaya hidup sehat ya, Mams. Padahal ada begitu banyak penyakit yang mengintai saat Anda mulai mengabaikan kebiasaan baik ini, salah satunya adalah diabetes. Riset data kesehatan yang diungkapkan oleh RS Cipto Mangunkusumo Jakarta mengungkapkan bahwa pada tahun 2015, jumlah penduduk Indonesia yang menderita Diebetes mencapai 18 juta orang. dr. Em Yunir, SpPD-KEMD, Kepala Divisi Departemen Endokrinologi dan Penyakit Dalam FKUI/RSCM saat ditemui pada persemian Poliklinik Edukasi Diabetes Melitus Terpadu hasil kerjasama antara RSCM dengan Sunlife Financial, Rabu 8 Juni 2016 lalu mengatakan bahwa wanita hamil dan yang pernah melahirkan bayi dengan berat badan di atas 4 kg memiliki risiko lebih besar menderita diabetes. Jadi sudah saatnya Anda peduli pada ancaman penyakit yang satu ini, Mams.

Penyakit gaya hidup
Diabetes lebih sering dikenal sebagai ‘penyakit gaya hidup’. Lebih dari 90% pasien diabetes menderita tipe 2, menyerang orang – orang yang kurang melakukan aktivitas fisik, mengalami obesitas, selain faktor genetik keluarga. Calon mama juga perlu waspada lho, karena peningkatan gula darah akibat konsumsi makanan yang berlebihan saat hamil akan menimbulkan risiko mengalami diabetes gestational. Jenis penyakit ini biasanya akan menghilang setelah bayi lahir, tetapi tidak menutup kemungkinan akan terus berlanjut setelah Si Kecil lahir.

Tidak dapat disembuhkan
Tiga metode pemeriksaan diabetes (tes darah, tes urine & tes glukometer) akan menentukan apakah Anda mengidap diabetes. Nah, salah satu hal penting untuk diketahui adalah jenis penyakit ini tidak dapat disembuhkan, Mams, Anda hanya dapat hidup normal dengan gaya hidup sehat yang disarankan.

Langkah pencegahan
Berbagai penelitian menyebutkan bahwa perbaikan gaya hidup dapat mencegah timbulnya penyakit diabetes secara lebih baik dibandingkan dengan konsumsi obat. Berikut adalah beberapa hal yang bisa Anda usahakan mulai dari sekarang:
1. Konsumsi gizi seimbang. Perhatikan rumusan pola makan sehat yang dianjurkan yaitu mengandung nutrisi tinggi, rendah lemak, dan rendah kalori.
2. Berolahraga dengan intensitas waktu 30 menit selama lima kali dalam seminggu.
3. Kurangi konsumsi gula. Hal ini tidak berarti Anda harus menghindari asupan gula sama sekali, ya. Kuncinya, konsumsi makanan manis sebagai menu dessert dan kurangi porsi hidangan utama.
4. Penurunan berat badan akan sangat berpengaruh positif pada kontrol gula darah. Mulailah konsumsi makan dengan teratur: 3 kali makan dan 2 kali makan ringan untuk mencegah konsumsi makan berlebihan.

Meluangkan waktu berolahraga bersama Si Kecil dan mengajaknya ikut serta membangun gaya hidup sehat akan mempermudah langkah Anda untuk mencegah penyakit diabetes sejak dini, Mams. Yuk, mulai dari sekarang! (Nathalie Indry/KR/ Photo: Various)

Shares