Relationship

Agar Kompak Urusan Keuangan dengan Pasangan

By  | 

Ya, kehidupan pernikahan memang  tidak semudah yang Anda bayangkan. Agar pernikahan tetap kompak dan dapat berjalan dengan harmonis, salah satu hal yang harus dijaga ‘keharmonisannya’ adalah masalah keuangan. Mengapa? Karena masalah uang seringkali rentan dan berakhir dengan pertengkaran.

Berikut tipnya untuk Anda, Mams.

1.Tentukan target.
Saat menikah masalah keuangan adalah yang utama. Tentukan bersama target jangka pendek yang ingin kalian berdua capai. Misalnya di tahun pertama kalian ingin membayar uang muka untuk pembelian rumah. Maka atur keuangan kalian, berapa dana yang harus kalian sisihkan untuk mencapai target tersebut.

2. Catat semua pengeluaran.
Catat semua pengeluaran Anda dan juga suami. Dengan mencatat semua pengeluaran akan membantu Anda dan pasangan untuk mengetahui pengeluaran apa yang terlalu membengkak. Hal ini penting untuk mengatur jumlah uang yang dikeluarkan.

3. Membayar semua hutang.
Entah siapa pun yang berhutang, menyelesaikan hutang terlebih dahulu sangat penting. Hal ini perlu agar Anda berdua di masa depan tidak terlibat masalah keuangan. Hutang pada dasarnya hanya menghambat keuangan kalian.

4.Melakukan investasi.
Saat kalian memutuskan untuk menikah dan hidup bersama, menyisihkan sebagian gaji untuk investasi sangatlah penting. Anda tentu tidak ingin  usia produktif berakhir dengan kehilangan sumber penghasilan. Investasi penting untuk menjamin kehidupan di masa depan.

5.Menyiapkan dana pendidikan.
Mungkin usia pernikahan Anda masih seumur jagung, tapi tak ada salahnya untuk mulai menyiapkan dana pendidikan untuk anak kelak. Ini penting, karena biaya pendidikan dari tahun ke tahun terus meningkat. (Yosi Avianti/Photo : Istockphoto.com)

Shares